Brilio.net - Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa (17/9). Jokowi dalam kunjungannya ini juga menginstruksikan beberapa hal.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan juga menjadi headline panas yang menghiasi linimasa media sosial belakangan ini. Publik terus menuntut agar pemerintah daerah dan pusat segera menyelesaikan persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut.

Tak hanya merusak ekosistem dalam hutan, seperti tumbang-tumbangnya pohon dan matinya binatang-binatang, asap tebal yang dihasilkan dari kebakaran tersebut juga sudah mulai menganggu akvitas dan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Setelah menggelar rapat tertutup yang diikuti sejumlah menteri, kepala daerah, Panglima TNI dan Kapolri berserta jajaran di Riau pada Senin (16/9) malam, Presiden Jokowi memantau langsung jalannya penanganan di lokasi Karhutla di Desa Merbau, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Selasa (17/9).

Dengan kemeja putih yang jadi cirik hasnya serta sepatu sneakers, Presiden Jokowi turut ditemani oleh beberapa menteri. Jokowi pun tampak berjalan di belakang para petugas yang menyemprotkan air di lokasi Karhutla. Sambil memantau, Jokowi tanpa menggunakan masker tak kuasa menahan ekspresi kesalnya saat meninjau lokasi kebakaran hutan tersebut.

Loading...

Momen tersebut dibagikan oleh akun @aditairawati yang merupakan salah staf khusus presiden. Dalam keterangan caption-nya, Jokowi menyampaikan tiga intruksi terkait Karhutla yang melanda Sumatera dan Kalimantan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Presiden beserta para menteri meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau . Instruksi Presiden terkait hal ini sangat jelas : 1. Perluas cakupan hujan buatan dan menambah pasukan pemadam . 2. Tindak tegas korporasi maupun perorangan pelaku pembakaran . 3. Cegah penanganan karhutla dengan penanganan titik api.

A post shared by Adita Irawati (@aditairawati) on

"Presiden beserta para menteri meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau

.

Instruksi Presiden terkait hal ini sangat jelas :

1. Perluas cakupan hujan buatan dan menambah pasukan pemadam

.

2. Tindak tegas korporasi maupun perorangan pelaku pembakaran

.

3. Cegah penanganan karhutla dengan penanganan titik api," tulis akun @aditairawati seperti dikutip brilio.net, Selasa (17/9).

Sebelumnya, Jokowi juga mengunggah potretnya saat meninjau lokasi Karhutla di akun Instagram resminya. Pada keterangannya, pemerintah sudah mendatangkan sebanyak 5.600 personel tambahan. Water bombing pun sudah digelar di lokasi dengan mengerahkan 52 pesawat.

Jokowi juga mengungkapkan jika segala upaya sudah dilakukan untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan di Riau dan sekitarnya. Jokowi juga meminta seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran hutan.

Jokowi di Karhutla  Instagram

foto: Instagram/@jokowi

"Saya mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut atau pun hutan. Bagi para pelaku, baik korporasi maupun individu, akan dilakukan tindakan penegakan hukum tanpa pandang bulu," tutup Jokowi.

RECOMMENDED BY EDITOR