Brilio.net - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengawal proses Pemilu 2019 dari masa pencalonan hingga pengumuman presiden, wakil presiden dan anggota legislatif terpilih. Untuk memberikan keterbukaan kepada masyarakat, KPU membuat beberapa situs berisi informasi pemilu 2019. Situs-situs tersebut menyediakan informasi mengenai calon, cara pencoblosan hingga hasil resminya nanti.

Nah, namun pada Pilpres 2019 ini situs-situs milik KPU ternyata down. Situs yang tidak bisa diakes itu antara lain https://kpu.go.id serta laman penghitungan suara Pemilu 2019 real count di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/.

Rabu (17/4), malam situs-situs tersebut masih bisa diakses. Namun pada Kamis (18/4) situs tersebut susah diakses. Hal ini mendapat respons dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi. Dia mengatakan situs KPU down karena traffic yang tinggi.

"Kalaupun hari ini atau beberapa saat lalu down, karena memang traffic-nya sangat tinggi," kata Pramono seperti dikutip dari merdeka.com, Kamis (18/4).

Tingginya traffic ini dipicu dari rasa penasaran yang tinggi mengenai hasil hitung cepat. Warganet yang terombang-ambing hasil hitung cepat dari lembaga survei memilih meninjau situs KPU. Akibatnya traffic membeludak, Diprediksi, traffic akan kembali normal dua hari lagi.

"Pada hari pertama traffic-nya kan tinggi sekali mungkin di dua hari selanjutnya traffic-nya sudah lebih normal," ujar Pramono.

Sebelumnya, situs KPU juga susah diakses. Situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id down dan tidak dapat diakses hingga jelang pencoblosan. Situs tersebut menyediakan informasi mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT).