Brilio.net - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia hingga Sabtu (4/4) terus mengalami peningkatan. Merujuk dari data yang dimiliki Gugus Tugas disampaikan oleh juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, tercatat jumlah positif corona mencapai 2092 orang.

Jumlah positif corona mengalami kenaikan, yakni sebanyak 106 orang. Sebelumnya tercatat 1.986 orang positif corona merujuk pada data Jumat (3/4).

Dilansir brilio.net dari Antara, DKI Jakarta dan Jawa Barat masih menjadi provinsi yang tingkat penularannya tinggi yang masing-masing 55 kasus dan 24 kasus dalam kurun waktu 24 jam.

Di sisi lain, angka pasien yang sembuh bertambah 16 kasus menjadi 150 orang, sementara yang meninggal bertambah 10 kasus menjadi 191 orang.

Sebelumnya pada Jumat (3/4), tercatat 1.986 kasus positif Covid-19, 181 orang meninggal dan 134 orang dinyatakan sembuh.

Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian, baik ke kampung halaman maupun ke kota lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

"Ini jadi perhatian kita bersama, menjadikan titik pangkal pencegahan penyakit Covid-19. Tetap tinggal di rumah adalah jawaban yang terbaik, tidak melakukan perjalanan ke manapun. Bukan hanya masalah pulang ke kampung, tetapi juga melakukan perjalanan ke keluarga lain atau ke tempat lain memiliki risiko besar untuk terjadinya penularan," kata Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta.

Yuri khawatir perpindahan masyarakat terutama dari kota zona merah Covid-19 ke kampung halaman justru dimungkinkan memperparah penularan. Apalagi orang tanpa gejala (OTG) berpotensi tinggi menularkan dan membuat kluster baru.

"Mari yakini tetap di rumah adalah solusi terbaik untuk menghindarkan diri dari penyakit ini," kata Yuri.