Brilio.net - Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) secara kumulatif per Jumat (17/4) bertambah menjadi 5.923 kasus. Dari jumlah itu, 607 orang sembuh dan 520 meninggal dunia.

"Sebaran sembuh terbanyak ada di DKI Jakarta," kata Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers, di Graha BNPB Jakarta, Jumat (17/4).

Per 17 April, jumlah pasien sembuh di wilayah DKI Jakarta mencapai 204 orang. Yuri mengatakan pasien positif virus corona hari ini bertambah 407 orang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia bertambah 24 orang.

Sebelumnya, laporan per Kamis (16/4/), pasien positif corona tercatat 5.516 kasus. Dari jumlah itu, 496 orang meninggal dunia dan 548 pasien dinyatakan sembuh.

Jumlah pasien yang sembuh kemarin lebih tinggi dari pasien yang meninggal.

Sementara itu masyarakat yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 169.446 jiwa. Kemudian warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 11.873 jiwa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat terkait pandemi virus corona. Jokowi memutuskan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona.

Pemerintah pusat pun sudah menetapkan PSBB di sejumlah daerah dalam menanggulangi virus corona. Saat ini, PSBB sudah berlaku di DKI Jakarta dan lima wilayah Jawa Barat, yakni Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok.

Sementara untuk tiga wilayah Banten yang juga menjadi daerah penyangga ibu kota; Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan, baru akan memberlakukan PSBB pada Sabtu (18/4).