Brilio.net - Kepala Humas dan Pusat Data BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal pada Minggu (7/7) dini hari di Guangzhou, China. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru yang sudah diidapnya sejak awal tahun 2018.

Kabar meninggalnya pria 49 tahun ini tentu menyisakan duka mendalam bagi banyak orang. Ucapan belasungkawa dari masyarakat Indonesia, #ripsutopo menjadi trending topic nomor satu di Twitter.

Tak heran jika mengingat semua jasa yang telah dilakukannya untuk Tanah Air. Sebagai Humas BNPB, Sutopo selalu aktif dan cekatan menyampaikan kabar mengenai kejadian bencana di tiap daerah di Indonesia.

Penyakit kanker yang diidapnya juga tidak menjadi penghalang untuk tetap mengabarkan berita kondisi terkini suatu daerah yang sedang terkena bencana.

Melihat perjuangannya tersebut, para pesohor Tanah Air mulai dari seleb hingga tokoh nasional pun turut mengucapkan duka cita untuk Sutopo lewat akun media sosial.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (7/7), berikut ungkapan pesohor Tanah Air untuk Sutopo.

1. Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri mengungkapkan rasa dukanya pada sebuah wawancara.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini turut merasa kehilangan sosok Sutopo. Ia menilai jika Sutopo merupakan sosok pekerja keras dan peduli terhadap kemanusiaan.

“Alm Sutopo, Humas BNPB tidak hanya sosok humanis yang tetap setia menjalankan tugas meski sedang sakit. Bagi saya, Beliau adalah pejuang sosial kemanusiaan”, ujar Megawati di Beijing yang dikutip brilio.net dari liputan6.com.

Megawati juga menambahkan sosok Sutopo yang selalu gigih dalam melaksanakan pekerjaannya layak untuk dijadikan sebagai contoh bagi generasi muda.

"Dalam situasi krisis ketika tanggap darurat terjadi, Alm Sutopo mampu menjadi jembatan penghiburan. Informasi terkait penanganan tanggap darurat, bantuan ke korban, dan juga berbagai upaya yang dilakukan BNPB disampaikan dengan baik dan tepat, sampai melupakan rasa sakitnya sendiri," imbuh Megawati.

2. Raisa yang merupakan idola Sutopo pun menuliskan belasungkawa dan doa lewat cuitan di Twitter.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: Twitter/@raisa6690

3. Host dan MC Irgi Fahrezi juga mengunggah foto kenangan saat bersama Sutopo. Saat itu ia pernah bekerja sama dalam pembuatan film 'Nyanyian Musim Hujan'.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: Instagram/@fahrezirgi

4. Seleb lainnya yang ikut mengucapkan duka cita adalah Kirana Larasati. Bagi Kirana, Sutopo merupakan sosok pejuang yang berdedikasi tinggi.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: Twitter/@kiranalara

5. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan kenangannya saat bersama Sutopo dalam sebuah acara di Boyolali.

 

6. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga tak ketinggalan menyampaikan duka citanya yang mendalam atas kepergian Sutopo.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: Twitter/@susipudjiastuti

7. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dalam unggahan Instagram miliknya mengucapkan terima kasih atas dedikasi Sutopo yang tak kenal lelah selama bertugas.

ungkapan duka untuk Sutopo © 2019 Istimewa

foto: Instagram/@budikaryas