Brilio.net - Tak terasa, tahun 2020 akan segera berakhir. Tahun ini menjadi momen terberat bagi seluruh masyarakat dunia akibat pandemi Covid-19. Tak sedikit negara di dunia yang menerapkan karantina (lockdown). Di Indonesia, pemerintah pun harus mengambil keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah.

Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan masyarakat. Mereka dipaksa menjalani masa kenormalan baru. Hampir semua kegiatan dilakukan secara daring mulai dari urusan pekerjaan hingga sekolah jarak jauh. Kondisi ini membuat pemanfaatan internet meningkat tajam.

Nah untuk mencatat tren dan momen sepanjang 2020, Google hari ini mengumumkan Year in Search 2020, topik yang paling banyak dicari berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Daftar Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Year in Search Google menunjukkan fakta bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini.

“Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan,” ujar Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia dalam keterangan resmi, Rabu (9/12/2020). 

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru. Dari isu-isu nasional seperti Omnibus Law, Resesi, Kartu Pra-Kerja, hingga Odading dan WFH.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Hal bisa dilihat dari kata kunci seperti cara membuat hand sanitizer, cara mendaftar UKM online, cara menjadi reseller, hingga cara menjadi YouTuber pemula adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Normal baru juga menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Hal ini dapat dilihat dari kueri seperti Google Classroom, apa itu kuota belajar, cara masuk ke Google Classroom, hingga sepeda lipat termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas tahun ini.

Selain itu pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang juga meningkat. Tetapi uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor atau aktris, serial TV, hingga resep.

Kebiasaan baru tak hanya menyebabkan perubahan reaksi, konsumsi informasi dan hiburan tetapi juga memengaruhi gaya hidup, bahkan mencetak rekor baru. Hal ini jelas terpancar pada hasil penelusuran tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia di sepanjang tahun ini. Seperti contoh, Tilik, film pendek yang di rilis di YouTube pertama yang masuk sebagai salah satu film yang trending sepanjang tahun ini di Google Search di Indonesia.

Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, seperti Bintang Emon, tahun ini juga merupakan tahun dengan banyak kepergian. Mulai dari puluhan ribuan nyawa terdampak COVID-19, hingga para ikon legendaris yang selamanya hidup dalam budaya dan masyarakat Indonesia seperti Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Google Trending 2020 © 2020 brilio.net