Brilio.net - Selain menjaga keamanan negara, pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga sering ikut berperan mencegah maraknya barang selundupan yang masuk mau pun keluar negara. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh aparat TNI di daerah penjagaan perbatasan Indonesia-Timor Leste ini. Maraknya barang selundupan yang hendak dipasok ke Timor Leste membuat pasukan TNI geram karena oknum pelaku tak ada kapoknya.

Menghadapi fenomena tersebut, personel TNI penjaga perbatasan Indonesia-Timor Leste akhirnya memutuskan membakar sederet sepeda motor baru yang cukup mahal, yang hendak diselundupkan ke Timor Leste. Tak tanggung-tanggung, di antara sepeda motor yang dibakar tersebut ialah Yamaha R15 yang harganya dibanderol sekitar Rp 30 jutaan.

TNI bakar habis motor-motor mewah seharga puluhan juta, ada apa nih?

Motor-motor keren tersebut merupakan barang selundupan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertangkap tangan ketika hendak dijual ke Timor Leste tanpa dokumen resmi. Timor Leste sendiri telah memisahkan diri dari Indonesia pada 20 Mei 2002, namun 90% kebutuhan dan perdagangannya masih sangat tergantung pasokan impor dari Indonesia. Setiap harinya kebutuhan masyarakat Timor Leste berlalu lalang di pos perlintasan perbatasan.

SUDAH BACA INI? --> Kamu harus bangga! TNI peringkat ke-12 kekuatan militer dunia

Proses pembakaran motor-motor sitaan tersebut pun disaksikan beberapa warga. Langkah ini diambil karena TNI ingin membuat jera para pelaku penyelundupan barang ke Timor Leste.

TNI bakar habis motor-motor mewah seharga puluhan juta, ada apa nih?

Zulkifli R, salah seorang yang mendapatkan foto pembakaran motor itu pun kemudian membagikan melalui akun media sosialnya, Sabtu (5/3).

"Motor-motor ilegal tersebut hendak diselundupkan di negara tetangga lewat jalur hutan, namun karena tertangkap oleh satgas perbatasan motor-motor gagah itu pun dimusnahkan," kata Zulkifli sembari mengunggah foto tersebut.