Brilio.net - Sosok Letda Laut Always Giving H Tiris, STr (Han) peraih penghargaan Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 66 tahun 2021, begitu mencuri perhatian berkat prestasinya. Sosoknya yang inspiratif juga membuat publik dibuat berdecak kagum.

Letda Always Giving dilahirkan di Jayapura pada 15 Maret 1999. Dia terlahir dari keluarga sederhana pasangan Alex Tiris, yang sehari hari bekerja sebagai juru parkir, dan Dermawaty Panjaitan, penjual minuman. Keberhasilan Always mendapatkan gelar Adhi Makayasa merupakan prestasi yang membanggakan.

Berkat prestasinya itu, TNI Angkatan Laut melalui Lantamal X Jayapura memberikan apresiasi dengan melaksanakan kegiatan bedah rumah. Ayah Always, Alex Tiris diketahui bekerja sebagai juru parkir di salah satu bank ternama di Kota Jayapura.

"Bapak Alex Tiris yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir mampu menjadikan salah seorang putranya menjadi lulusan terbaik sebagai Adhi Makayasa di Akademi Angkatan Laut. Dialah Always Giving Hamonongan Tiris seorang anak dari ayah yang bekerja sebagai juru parkir dan mendapat predikat sebagai lulusan terbaik Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut Angkatan ke 66.

Sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi TNI Angkatan Laut dalam hal ini Bapak Kasal melalui Lantamal X melaksanakan kegiatan bedah rumah Bapak Alex Tiris yang bertempat di Kalam Kudus, Distrik Jayapura Selatan," seperti dikutip brilio.net dari @tni_angkatan_laut pada Senin (19/7).

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Dalam unggahan foto tersebut, tampak kediaman Always sebelum dibedah terlihat begitu sederhana. Lalu pada Minggu (18/7), @tni_angkatan_laut mengumumkan jika renovasi rumah Always sudah rampung dilaksanakan.

"Komandan Lantamal X Kolonel Marinir Feryanto P Marpaung mewakili Kepala Staf Angkatan Laut dan didampingi Wali Kota Jayapura DR Benhur Tomi Mano, MM meresmikan kediaman Bapak Alex Tiris seorang juru parkir di Kota Jayapura yang berhasil mendidik anaknya untuk menjadi lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-66, Minggu (18/07/21)," tulis @tni_angkatan_laut pada Minggu (18/7).

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Kegiatan bedah rumah tersebut dilaksanakan selama kurang lebih 10 hari. Potret teranyar rumah Always setelah direnovasi juga turut dibagikan di media sosial.

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Terlihat jika kini rumah Always telah memiliki lantai keramik. Dapurnya tampak bersih dan nyaman dengan kompor serta peralatan masak baru. Dapur tersebut juga dilengkapi dengan ventilasi yang memadai, sehingga membuat aktivitas memasak terasa nyaman.

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Interior rumah Always kini juga tampak indah didominasi warna putih. Ruang tamunya berisikan sofa modern, lengkap dengan bantal merah yang tampak matching. Di sudut ruangan terdapat vas bunga cukup besar yang menambah kesan estetik.

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Toilet di rumahnya kini dilengkapi dengan bak mandi yang berukuran cukup besar. Toiletnya juga tampak modern karena dilengkapi dengan kloset duduk.

TNI AL renovasi rumah Always © Instagram

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

Sebagai sarana hiburan, fasilitas TV layar datar juga diberikan. Tampak TV itu berada di sebuah kabinet modern minimalis.

Wali Kota Jayapura DR Benhur Tomi Mano mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut yang telah mempercayakan orang Papua untuk bisa menjadi yang terbaik. "Saya mewakili orang Papua dan saya merasa bangga sebagai Walikota Jayapura yang mana kepercayaan Bapak Kasal kepada anak-anak Papua yang diberikan kepercayaan. Dan saya sebagai Wali Kota Jayapura merasa bangga yang mana Bapak Alex Tiris dulunya adalah staf saya sewaktu saya masih berdinas di Dispenda yang mana orangnya jujur, kerjanya rapi, dan beliau yang membantu saya menertibkan tukang parkir liar agar parkiran bisa tertib," ucap Wali Kota Jayapura.

Pada kesempatan yang sama, Alex Tiris juga mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kepala Staf Angkatan Laut dan Komandan Lantamal X beserta jajarannya yang telah memberikan hadiah yang sangat luar biasa.

"Perasaan kaget, senang, haru dan gembira bercampur di dalam hati istri Bapak Alex Tiris sehingga tak kuasa untuk meneteskan air mata rasa syukur kepada tuhan, karena Kuasa NYA pulalah bisa seperti ini, menggerakan orang-orang baik untuk membedah rumah kami," seperti dikutip dari @tni_angkatan_laut.