Brilio.net - Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi berjanji akan membangunkan rumah untuk para keluarga awak KRI Nanggala-402. Presiden menyampaikan, keluarga dari kru KRI Nanggala-402 juga bebas memilih ingin membangun rumah dimana saja.

Perihal pemberian rumah bagi keluarga kru KRI Nanggala-402 ini disampaikan secara resmi oleh Presiden Jokowi ketika dia menghadiri acara silaturahmi dengan perwakilan keluarga awak KRI Nanggala-402. Seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Dari kami nanti ibu-ibu sekalian dibangunkan rumah yang tempatnya, kami nanti mengikuti ibu-ibu semua. Terserah, bisa di Gresik, bisa Sidoarjo, atau di tempat lain," kata Jokowi, seperti yang brilio.net lansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4).

Presiden juga secara langsung memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) untuk segera mengatur sehingga pembangunan rumah bisa dilakukan secepatnya.

Selain rumah, pemerintah juga akan menjamin pendidikan anak dari awak KRI Nanggal-402 hingga perguruan tinggi.

"Saya sampaikan kepada Panglima, kepada KSAL agar pengaturan dan manajemen mekanismenya semuanya diatur agar semuanya rapi," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan ini Jokowi juga langsung menyampaikan rasa berbela sungkawanya kepada perwakilan keluarga korban dari kru KRI Nanggala-402. Dia menyebut bahwa 53 awak KRI Nanggala 402 merupakan patriot bangsa.

"Atas nama negara, atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402. Semoga arwah beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan negara akan memberi kenaikan pangkat kepada 53 kru KRI Nanggala-402 yang telah gugur. Namun bukan hanya kenaikan pangkat saja, seluruh kru KRI Nanggala-402 juga diberikan bintang jasa atas pengabdian dan dedikasi pengorbanan selama ini.

"Negara akan memberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, dan serta Bintang Jasa Jalasena atas pengabdian dan dedikasi pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," ungkap Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin 26 April 2021.