Brilio.net - Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia, Times Higher Education (THE) belum lama ini merilis perguruan tinggi terbaik di Indonesia 2021. Pemeringkatan ini diakui secara global. Ada lima indikator dalam penilaian tersebut yakni pengajaran, penelitian, kutipan (citation), penyerapan industri, dan pandangan internasional. 

Dari 1.500 universitas, ada sembilan universitas Indonesia yang masuk ke dalam ranking THE World University 2021. Delapan di antaranya adalah universitas negeri dan hanya satu universitas swasta yang masuk ranking. Satu-satunya universitas swasta tersebut adalah Universitas Telkom (Telkom University).

Telkom University © 2020 brilio.net

“Telkom University masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi Times Higher Education. Bahkan Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta nomor 1 di Indonesia,” ungkap Prof Dr Adiwijaya, Rektor Telkom University, dalam keterangan resmi kepada Brilio.net, baru-baru ini.

Dari kelima indikator di atas, Telkom University meraih skor tertinggi pada kutipan (citation). Skor inilah yang membuat Telkom menjadi Perguruan Tinggi terbaik versi THE untuk kategori skor citations di Indonesia.

Telkom University © 2020 brilio.net

Indikator citation ini dilakukan penilaian dengan cara mengukur peranan universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru. THE penghitung berapa kali sebuah perguruan tinggi dikutip oleh para sarjana secara global.

Secara keseluruhan, THE melakukan pemeringkatan di mana Telkom University termasuk ke dalam sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Telkom University berada di urutan ke-8 dengan skor keseluruhan sebesar 15.09 versi THE World University Ranking.

Telkom University © 2020 brilio.net

Pencapaian tersebut juga telah mengantarkan Telkom menjadi Universitas swasta terbaik di Indonesia. Sementara untuk versi Kemenristek dikti dan Webometrics, Telkom University juga menjadi PTS nomor 1 di Indonesia. Bahkan Telkom University juga mendapatkan QStar 2020 bintang 5 untuk kategori Online Learning.

Ini tentu saja menjadi pencapaian terbaik bagi Telkom University karena sudah memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa Indonesia. Pencapaian tersebut tentu bisa menjadi pemicu baik terutama untuk civitas akademika untu terus berkontribusi terhadap masyarakat dan banga Indonesia.