Brilio.net - Bulan Syaban adalah salah satu bulan yang sangat dimuliakan dalam agama Islam. Bulan ini terletak di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Dalam Islam, bulan-bulan yang dimuliakan memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Bulan Syaban juga merupakan bulan di mana Allah melipatgandakan pahala bagi hamba-Nya yang beribadah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Banyak ibadah yang dianjurkan pada bulan Syaban, seperti puasa sunnah, membaca Al-Quran, bersedekah, dan berdoa.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan Syaban adalah melaksanakan sholat sunnah Nisfu Syaban. Menurut sebagian ulama, malam Nisfu Syaban adalah malam di mana Allah SWT menetapkan takdir hamba-Nya untuk satu tahun ke depan. Oleh karena itu, kaum muslimin dianjurkan untuk bangun malam, berdoa, meminta ampun, dan memperbanyak ibadah pada malam Nisfu Syaban.

Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh ampunan-Nya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (20/2), berikut ini tata cara sholat malam Nisfu Syaban, mulai niat, rukun, doa, dan keutamaannya.

Keutamaan bulan Syaban

Selain itu, dijelaskan pula keutamaan bulan Syaban dalam suatu hadits yang artinya: Dari Abu Musa Al-Asy'ari, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya'ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

Setiap 14-15 Syaban, banyak umat muslim yang memperingati malam Nisfu Syaban. Pada tahun ini, malam Nisfu Syaban akan jatuh pada 7-8 Maret 2023.

Mengingat berbagai keutamaan bulan Syaban, ada baiknya untuk menunaikan berbagai ibadah sunah agar keimanan semakin bertambah. Salah satunya dengan manunaikan sholat sunah Nisfu Syaban.

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (7/3), berikut tata cara sholat sunah Nisfu Syaban beserta niat dan doanya.

Tata cara sholat sunah Nisfu Syaban

1. Membaca niat.
Bacaan niat sholat sunah Nisfu Syaban sebagai berikut:
"Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala"

Artinya: "Saya sholat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Jika mengerjakannya pada malam hari, bacaan niatnya sebagai berikut:
"Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rok'ataini lillahi ta'alaa"

Artinya: "Saya shalat sunnat malam Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

2. Takbiratul Ikhram, yakni mengangkat kedua tangan ke atas sambil mengucap "Allahu Akbar"

3. Membaca doa iftitah, Al Fatihah, dan surat pendek. Diutamakan membaca surat Al Kafirun.

4. Melakukan rukuk.

5. Iktidal.

6. Sujud.

7. Duduk di antara dua sujud.

8. Sujud kedua.

9. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.

10. Pada rakaat kedua, diutamakan membaca suat Al Ikhlas setelah Al Fatihah.

11. Duduk tahiyat akhir.

12. Mengucap salam.