Brilio.net - Presiden Joko Widodo menuntaskan janjinya untuk memilih dan mengumumkan menteri. Pada Rabu pagi (23/10), ia baru saja mengumumkan siapa-siapa yang bakal membantunya dalam lima tahun ke depan. Total 38 nama bakal memimpin 38 kementerian untuk menyukseskan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Nama-nama yang diumumkan termasuk tiga tokoh yang turut menyukseskan perhelatan Asian Games 2018. Pasalnya, dua di antara tiga tokoh tersebut bukan berasal dari partai politik. Dua tokoh tersebut merupakan dari kalangan profesional yang dipercaya Jokowi untuk membuat segala persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games tahun lalu.

Sementara satu nama lain, ialah tokoh yang pada periode sebelumnya sudah menjabat sebagai menteri. Ketiga tokoh ini kini menjadi anak buah Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju hingga lima tahun ke depan.

Berikut ini tiga tokoh tersebut, seperti brilio.net lansir dari liputan6.com pada Rabu (23/10).

1. Erick Thohir

Loading...

Erick Thohir ditunjuk menjadi Menteri BUMN. Erick Thohir selain pengusaha, merupakan tokoh yang dekat dengan olahraga. Ia menjadi Ketua Panitia Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang (Inasgoc). Selain itu, Erick Thohir untuk kedua kalinya menjadi anggota Central Boad FIBA periode 2019-2023. Ia telah menuntaskan tugasnya di Komite Olimpiade Indonesia dan dilanjutkan oleh Raja Sapta Oktohari.

2. Wishnutama

Wishnutama merupakan Creative Director Asian Games 2019, yang menjadi satu di antara tokoh penting dalam upacara pembukaan yang berlangsung sangat megah di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

3. Mochamad Basoeki Hadimoeljono

Tak lupa juga peran dari Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, yang menjadi andalan Jokowi selama lima tahun untuk menggarap infrastruktur. Proyek venue Asian Games juga menjadi pekerjaan Basoeki.

RECOMMENDED BY EDITOR