Brilio.net - Banyak hal-hal misterius dalam kehidupan manusia. Rahasia beberapa di antaranya belum bisa diungkapkan hingga kini. Termasuk bagaimana hanya Bumi yang jadi satu-satunya planet yang bisa ditinggali manusia. Dari sembilan planet yang ada di tata surya, kenapa harus Bumi?

Sebelum adanya manusia, Bumi merupakan tempat yang berbeda dari sekarang. Bumi telah melewati berbagai macam perubahan selama 4,5 miliar tahun. Bahkan wujudnya yang amat aneh mungkin tidak pernah terpikirkan oleh siapapun. Tak hanya bentuknya, namun juga jenis binatang yang mungkin dulu terlihat absurd, kini sudah tak lagi tampak.

Lalu seperti apa kondisi bumi miliaran tahun dari sekarang? Dilansir brilio.net lansir dari listverse, Senin (14/10), Bumi disebut punya kondisi bak planet alien. Lalu seperti apa gambaran Bumi di masa lalu? Berikut ini deretan deskripsi dan fotonya yang tak banyak orang tahu.

1. Bumi dipenuhi serangga ukuran raksasa.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi bumi: nasa.gov

 

Sekitar 300 juta tahun yang lalu, Bumi ditutupi dengan hutan rawa dataran rendah yang besar dan udara dipenuhi dengan oksigen. Ada sekitar 50 persen lebih banyak oksigen daripada yang kita miliki saat ini.

Itu menciptakan ledakan kehidupan yang luar biasa. Hal tersebut yang membuat munculnya serangga ukuran raksasa banyak hidup di Bumi.

2. Hujan cairan magma panas.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi magma panas: nasa.gov

 

Asteroid yang belakangan terjadi ternyata tidak seberapa dibandingkan dengan magma yang menghantam planet ini empat miliar tahun lalu. Pada masa awal planet Bumi, hujan asteroid menghantam Bumi dan mengubahnya menjadi seperti neraka dunia.

3. Debu memblokir cahaya matahari.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi: pinterest.com

 

Ketika asteroid menjadi penyebab musnahnya dinosaurus karena menghantam Bumi 65 juta tahun yang lalu, ternyata itu bukanlah sebuah akhir. Dunia berubah menjadi tempat yang sangat gelap.

Dampaknya berupa debu, tanah, dan batu yang beterbangan ke langit dan bahkan ke luar angkasa. Namun, banyak yang terjebak di atmosfer dan menyelimuti seluruh planet dengan lapisan debu yang sangat besar. Bagi makhluk-makhluk yang masih ada di Bumi, Matahari seperti menghilang dari langit.

4. Bumi terlihat seperti bola salju.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto: nasa.gov

 

Sekitar 716 tahun lalu, Bumi dijuluki sebagai bola salju karena seluruh permukaannya dilapisi oleh es dan terlihat seperti bola salju yang terambang di angkasa. Pada saat itu, Bumi sangatlah dingin bahkan sampai ada gletser di garis katulistiwa.

Para peneliti membuktikan hal tersebut lewat penemuan jejak gletser kuno di Kanada. Kedengerannya seperti tempat yang aneh untuk dilihat. Tetapi 700 juta tahun yang lalu, bagian dari Kanada itu berada di garis katulistiwa.

5. Bumi berwarna ungu.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi: nasa.gov

 

Ketika tanaman mulai tumbuh di Bumi, warnanya tidak hijau seperti saat ini. Menurut satu teori, tanaman tersebut akan berwarna ungu. Dan jika dilihat dari luar angkasa, tiga atau empat miliar tahun yang lalu, itu akan sama ungunya dengan hijau saat ini.

Bentuk kehidupan pertama di Bumi menyerap cahaya dari Matahari dengan cara yang sedikit berbeda. Tanaman modern berwarna hijau karena menggunakan klorofil untuk menyerap sinar matahari. Tetapi diyakini bahwa tanaman pertama menggunakan retina dan itu akan mengubah warna menjadi ungu cerah.

6. Langit merah dan lautan hijau.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi: pinterest.com

 

Ternyata, laut di Bumi tidak selamanya berwarna biru. Sekitar 3,7 tahun yang lalu, diyakini lautan berwarna hijau, benua berwarna hitam dan langit di atasnya tampak seperti kabut oranye kabur.

Lautan berwarna hijau karena formasi besi larut ke dalam air laut, menumpahkan karat hijau ke dalam dan menodai ke dalam naungan sen tembaga berkarat. Benua hitam karena mereka akan ditutupi dengan lava dingin dan tidak ada tanaman untuk menutupinya.

Alasan mengapa langit berwarna biru saat ini adalah karena oksigen di atmosfer. Sebaliknya, sebagian besar langit pada waktu tersebut adalah metana. Saat cahaya Matahari menembus atmosfer metana, langit akan berubah menjadi warna oranye kemerahan.

7. Banyaknya tumbuhan jamur raksasa.

foto bumi 4,5 miliar tahun lalu © berbagai sumber

foto ilustrasi: uchiago.edu

 

Sekitar 400 juta tahun lalu, pohon-pohon hanya berukuran cukup pendek. Kebanyakan hanya setinggi beberapa kaki, dan tanaman lainnya tidak jauh lebih besar kecuali jamur. Pada satu titik dalam sejarah Bumi, jamur yang disebut Prototaxites ada di setiap sudut dunia dan mereka menjulang lebih tinggi di atas makhluk hidup lainnya.