Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Serius
Weni Arfiyani (brl/gib)

18 Desember 2018 10:44

Sempat diragukan, KPU uji ketahanan kotak suara karton

Uji kelayakan kotak suara karton kedap air tersebut langsung dieksekusi oleh Ketua KPU Arief Budiman..

Sempat diragukan, KPU uji ketahanan kotak suara karton

View Image



Brilio.net - Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2019 terbuat dengan bahan dasar karton kedap air, ternyata banyak pihak menyangsikan soal ketahanan barang vital yang satu ini. Pemilihan bahan dasar itu sejatinya memang sudah melalui persetujuan dan mekanisme rapat yang dilakukan dengan pemerintah maupun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP). Artinya, kotak ini sudah disepakati oleh berbagai pihak, bukan hanya ditetapkan KPU secara sepihak.

Namun kritik terhadap daya tahan kotak suara kedap air tersebut terus bermunculan di media sosial. Pasalnya, kotak suara dari karton yang menyerupai bahan dasar kardus tersebut diragukan dapat bertahan di segala kondisi dan situasi ataupun berbagai hal yang bersifat merusak lainnya. Padahal, kotak suara tersebut harus dipastikan keamanannya agar tidak disalah gunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Kotak kardus ini disahkan secara resmi oleh Kemenkumham dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2018 pada April lalu. Meski kini tengah menjadi polemik, sebenarnya kotak suara kardus ini sudah digunakan sejak Pemilu 2014 dan terbukti tak menemui banyak kendala.

uji ketahanan kotak kardus © 2018 twitter

foto: Twitter/@KPU_ID

Loading...

Menjawab pertanyaan dan keresahan masyarakat soal ketahanan kotak suara karton kedap air ini, pihak KPU pun akhirnya melakukan uji ketahanan kotak suara terhadap air. Dilansir brilio.net dari akun Twitter @KPU_ID Selasa, (18/12), uji ketahanan itu dilakukan oleh Ketua KPU Arief Budiman pada Senin, (17/12), dengan menyemprotkan air ke kotak karton.

uji ketahanan kotak kardus © 2018 twitter

foto: Twitter/@KPU_ID

Dalam foto yang diunggah KPU tersebut, Ketua KPU Arief Budiman terlihat mengucurkan air dari selang untuk melihat daya tahan kotak suara. Pada uji ketahanan ini, tampak kotak suara terlihat baik-baik saja dan berhasil menahan semprotan air tersebut. Ketahanan itu pun ditunjukkan sendiri oleh Arief Budiman.

uji ketahanan kotak kardus © 2018 twitter

foto: Twitter/@KPU_ID

Dengan uji coba ketahanan yang dilakukan oleh Ketua KPU Arief Budiman, maka pihak KPU pun memastikan bahwa kotak suara telah memenuhi standar dan siap difungsikan di Pemilu 2019 mendatang.

uji ketahanan kotak kardus © 2018 twitter

foto: Twitter/@KPU_ID

Sebelumnya diberitakan, jelang Pemilu 2019, KPU sudah melakukan serangkaian persiapan termasuk menetapkan kotak suara yang akan digunakan. Menurut KPU, kotak suara berbahan dasar karton dan transparan di salah satu sisinya ini telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2018, yang di dalamnya tertulis peraturan bahwa kotak suara Pemilu 2019 berbahan dasar karton kedap air dan transparan di satu sisi.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Pilpres 2019 Komisi Pemilihan Umum Kotak Suara Pemilu Kontroversi Arief Budiman
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!
MORE