Brilio.net - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto  diserang oleh pria berinisial SA di Alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Bukan hanya Wiranto yang pernah mengalami kejadian ini. Ada beberapa menteri di dunia yang mengalami kejadian serupa dengan Wiranto. 

Menurut kejadian, SA datang dan menyerang Wiranto menggunakan pisau. Lantaran hal tersebut, Wiranto harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka tusuk cukup dalam di bagian perut kiri bawah.

menteri © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Hingga kini, pihak kepolisian telah mengamankan dua orang pelaku, yakni SA dan istrinya FA. Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menduga pelaku terpapar radikal ISIS. Namun, Dedi belum memastikan keduanya masuk jaringan mana.

Kasus yang dialami oleh Wiranto sebenarnya bukanlah hal yang pertama terjadi. Pasalnya peristiwa serupa juga pernah dirasakan oleh menteri-menteri di berbagai negara di dunia. Berikut brilio.net rangkum dari merdeka.com, kisah menteri di dunia yang jadi korban penyerangan orang tak dikenal, Jumat (11/10).

1. Menteri Dalam Negeri Pakistan.

menteri © 2019 brilio.net
foto: merdeka.com

Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal terluka dalam upaya pembunuhan di sebuah pertemuan di wilayah konstituennya, Narowal, pada 2018. Penyerang diidentifikasi sebagai Abid Hussain (21).

Polisi distrik setempat, Imran Kishwar menjelaskan, pelaku menembak Iqbal dari jarak sekitar 15 meter saat menteri dalam negeri Pakistan itu tengah memasuki kendaraannya untuk meninggalkan wilayah Kanjrur.

Setelah insiden penembakan, menteri dalam negeri Pakistan itu dilarikan DHQ Hospital di Narowal. Putra Iqbal, Ahmed, mengonfirmasi kepada Geo News bahwa ayahnya dalam kondisi sadar dan telah melewati masa kritis.

2. Menteri Luar Negeri Swedia.

menteri © 2019 brilio.net
foto: merdeka.com

Menteri Luar Negeri Swedia Anna Lindh diserang orang tak dikenal menggunakan senjata tajam di Stockholm pada 2003 silam. Saat itu Lindh berada di pusat perbelanjaan Nordiska Kompaniet di ibu kota Swedia.

Tiba-tiba orang tak dikenal datang dan menusuk Lindh. Akibatnya, Lindh mengalami luka tusukan di bagian lengan, perut, dan dada.

Insiden tersebut merenggut jiwa Lindh. Dia kehabisan darah akibat penusukan tersebut. Sehari setelah kejadian, Lindh meninggal dunia.

3. Mantan Menteri Penerangan Pakistan.

menteri © 2019 brilio.net
foto: merdeka.com

Mantan menteri penerangan Pakistan Sheikh Rasheed Ahmed terluka akibat serangan pria bersenjata di kantor pemilu Rawalpindi, pada 2010. Saat itu, Sheikh Rasheed sedang melakukan kampanye pemilu di kantornya Lal Haveli. Tiba-tiba pria bersenjata datang dan menembakkan tembakkan.

Akibat serangan tersebut, menurut menteri dalam negeri yang saat itu dijabat Rehman Malik, dua pengawal dan dua orang lainnya tewas. "Dua pengawal sisanya terluka," ungkapnya.