Brilio.net - Gunung Agung kini menjadi sorotan dunia sejak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) karena menaikkan statusnya menjadi level IV atau 'awas' pada Senin (27/11), pukul 06.00 WITA.

PVMBG bahkan memprediksi ledakan besar dari gunung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali ini akan terjadi tak lama lagi.

Sebelumnya, Gunung Agung pernah meletus dahsyat pada tahun 1963. Kala itu, tercatat 1.148 orang meninggal dunia dan 296 orang luka-luka akibat erupsi gunung tertinggi di Bali ini.

Namun selain Gunung Agung, ada lagi beberapa letusan gunung paling dahsyat di Indonesia. Berikut daftarnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/11).


1. Gunung Galunggung.

letusan gunung paling dahsyat di indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: ngabolangngabolang.blogspot


Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung ini tercatat pernah meletus hebat pada 1822.

Kala itu, letusan menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, dan juga lahar. Akibat letusan ini, diperkirakan 4.011 jiwa melayang, 114 desa hancur, dan kerusakan lahan ke arah timur dan selatan sejauh 40 kilometer dari puncak gunung.


2. Gunung Krakatau.

letusan gunung paling dahsyat di indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: volcanoediscovery.com


Letusan Gunung Krakatau merupakan letusan gunung terdahsyat yang pernah tercatat di era zaman modern. Gunung yang terletak di Selat Sunda ini meletus pada 26 Agustus 1883.

Letusannya berdampak global dan diperkirakan menewaskan 36.000 orang. Ledakannya amat dahsyat hingga mengakibatkan tsunami setinggi 46 meter dan material bebatuan terlempar hingga ke pulau-pulau kecil di Laut Afrika.

Pasca ledakan, suhu di belahan bumi utara menurun sebesar 1,2 derajat yang bertahan selama satu tahun. Krakatau pun tenggelam ke dalam laut dan pada tahun 1927 menampakkan diri lagi yang kemudian dikenal dengan Anak Gunung Krakatau.


3. Gunung Tambora.

letusan gunung paling dahsyat di indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: wikipedia


Gunung yang terletak di Sumbawa ini pernah meletus dengan dahsyat pada 10 April 1815. Bunyi ledakannya terdengar sampai Pulau Sumatera. Abunya menyebabkan Sumbawa, Lombok, Bali, Madura dan sebagian Jawa Timur gelap gulita selama tiga hari.

Korban akibat letusan diperkirakan 10.000 orang. Lalu, dampak tak langsung seperti penyakit dan kelaparan juga merenggut banyak jiwa. Total diperkirakan 92.000 orang meregang nyawa.

Kaisar Prancis yang tersohor, Napoleon Bonaparte juga terkena dampak tak langsung dari letusan Gunung Tambora. Pasukannya terjebak dalam hujan terus-menerus di Waterloo, Belgia akibat perubahan iklim.

Akibatnya, Napoleon harus menyerah dari pasukan gabungan Inggris-Belanda-Jerman. Ia dipaksa turun tahta dan dibuang ke Pulau Saint Helena.

Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 1816, tak ada musim panas di belahan bumi utara akibat letusan Tambora. Badai salju pun melanda beberapa bagian Eropa.


4. Gunung Samalas.

letusan gunung paling dahsyat di indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: wikipedia


Sebelum letusan Gunung Tambora di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 1815, tetangganya, Gunung Samalas di Lombok, ternyata sudah membuat masyarakat dunia sengsara.

Gunung Samalas mungkin tidak begitu terkenal dibanding yang lain. Alasannya, gunung ini sekarang sudah hancur akibat ledakannya sendiri dan berubah menjadi Gunung Rinjani yang lengkap dengan Danau Segara Anakan di Pulau Lombok.

Gunung Samalas meletus hebat pada tahun 1257. Erupsinya mengakibatkan pendinginan cuaca secara mendadak. Ledakannya dikabarkan delapan kali lipat lebih besar dibanding Gunung Tambora dan Krakatau.

Abu akibat letusannya diperkirakan menyebar sampai ke dua kutub, selatan dan utara. Studi Oppenheimer di Lombok menunjukkan sebanyak 40 kilometer kubik batuan dan abu terlempar dari gunung api tersebut.

Meletusnya Gunung Samalas juga dikaitkan dengan hancurnya Pamatan, ibu kota kerajaan setempat. Teks yang tertulis dalam Babad Lombok menceritakan tentang kematian ribuan orang oleh abu vulkanik dan aliran piroklastik.


5. Gunung Toba.

letusan gunung paling dahsyat di indonesia © 2017 berbagai sumber

foto: worldfortravel.com


Letusan Gunung Toba hingga kini memang menjadi misteri dan terus digali secara ilmiah. Letusan Gunung Toba memang sama sekali tak tercatat di dalam buku, namun terlihat bukti-bukti ilmiahnya di masa kini.

Diperkirakan, sekitar 73.000 tahun yang lalu Gunung Toba meletus dan hampir memusnahkan hampir seluruh makhluk hidup di bumi.

Ledakan Gunung Toba disebut sebagai Supervolcano yang merupakan ledakan terhebat sepanjang sejarah gunung berapi. Ledakan tersebut mengeluarkan 2.800 kilometer kubik abu vulkanik yang menyebar dan menyelimuti atmosfir bumi selama enam tahun.