Brilio.net - Kabar kurang menyenangkan datang dari mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Selasa (2/11) staf pribadi SBY, Ossy, menyampaikan bahwa mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu mengidap kanker prostat dan akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri.

"Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosis dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” kata Ossy yang dilansir dari Liputan6.com

Dari pengakuan Ossy, SBY memohon doa semua pihak agar pengobatan yang akan dilakukannya berjalan lancar.

“Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik,” kata Ossy.

Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scann, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY. Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” terangnya.

Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY, menurut Osssy telah menyampaikan optimismenya bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY.

“Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut,” katanya.

Sang ayah mengalami sakit kanker prostat dan harus mengalami pengobatan di luar negeri, putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun memberikan doa untuk kesembuhan SBY.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @agusyudhoyono, ketua umum Partai Demokrat tersebut berterimakasih atas doa dan dukungan yang diberikan oleh semua pihak untuk ayahnya, SBY.

doa Agus Yudhoyono © berbagai sumber


foto: Instagram/@agusyudhoyono

"Atas nama keluarga besar Yudhoyono, saya mengucapkan terima kasih atas doa dan simpati atas kondisi kesehatan ayahanda kami tercinta, Bapak SBY," tulis AHY dalam keterangan unggahannya.

Agus Yudhoyono berharap agar pengobatan sang ayah dapat berjalan lancar. Dengan begitu SBY dapat kembali menjalankan aktivitas dan hobinya yang selama ini ia geluti.

"Semoga ikhtiar pengobatan beliau berjalan lancar, sehingga bisa kembali pulih seperti sedia kala, dan melanjutkan hobi dan passionnya dalam melukis, membaca, menulis, berolahraga, membina klub bola voli Lavani, serta kegiatan lainnya. Terima kasih. " pungkas Agus Yudhoyono.