Brilio.net - Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hadirnya bulan yang berkah ini membuat masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk melakukan kebaikan. 

Beberapa persiapan yang dilakukan umat Islam untuk menyambut Ramadan bukan melulu tentang fisik. Masyarakat Indonesia juga biasanya melakukan beberapa persiapan dari segi batin. Seperti salah satu tradisi yang dilakukan  masyarakat Yogyakarta ataupun Jawa Tengah ini, yang biasa dikenal dengan padusan.

Tradisi padusan yang berasal dari kata "adus" atau mandi, merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyucikan diri, serta membersihkan jiwa dan raga untuk menyambut Bulan Suci Ramadan.

"Padusan itu mandi untuk menghilangkan hadast besar, biasanya dilakukan sehari sebelum Ramadhan. Ya meskipun bisa dilakukan di rumah, tapi namanya tradisi kita ikuti untuk padusan," ungkap Dwi Poniyati, salah satu masyarakat yang mengikuti tradisi padusan di Umbul Saren, Rabu (22/03/2023). 

Padusan Umbul Saren © 2023 brilio.net

foto: Mas Noviani

Tradisi padusan biasanya dilakukan di sumber mata air sekitar. Banyak tempat di Yogyakarta yang kerap dijadikan sebagai lokasi padusan ini. Salah satunya adalah Umbul Saren atau Umbul Pajangan yang terletak di desa Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman.

"Padusan di Umbul Saren itu sudah menjadi tradisi, dan adat keagamaan yang bagus. Tradisi padusan juga sudah terjadi puluhan tahun lalu. Namun, ketika Covid-19 kemarin, tradisi ini diberhentikan selama 3 tahun, dan baru sekarang dibuka kembali," ujar Sumardi, penduduk sekitar Umbul Saren.

Lebih lanjut, Sumardi menjelaskan, sebelum adanya Covid-19, pengunjung yang mengikuti tradisi padusan bisa mencapai 2 ribuan lebih.