Brilio.net - Hanya tinggal hitungan hari, kita bakal meninggalkan tahun 2020 yang penuh tantangan. Dalam kondisi normal, boleh jadi saat ini sudah banyak orang yang merencanakan liburan akhir tahun. Namun karena masih dalam kondisi pandemi, sangat mungkin masyarakat bakal menghabiskan liburan akhir tahun di rumah saja. 

Beruntung, di era digital seperti sekarang banyak aktivitas bisa dilakukan secara daring. Terpenting, tersedia jaringan internet yang mumpuni. Fakta inilah yang ,membuat operator selular Telkomsel meluncurkan beragam layanan yang bisa dinikmati untuk mengisi liburan akhir tahun ini.      

“Kami menyadari bahwa momen perayaan Hari Natal dan Tahun Baru saat ini masih harus dijalani dengan suasana masa pandemi yang penuh tantangan. Sehingga, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami akan terus bergerak maju untuk selalu hadir menemani setiap fase kehidupan masyarakat dengan membawa Semangat untuk Semua,” ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam jumpa pers virtual, Senin (14/12/2020).

Nah layanan apa saja yang bisa dinikmati pengguna Telkomsel menghadapi akhir tahun ini, berikut faktanya.  

1. Semangat berbagi untuk semua

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Dalam situasi penuh tantangan akibat pandemi COVID-19, Telkomsel tetap  menghadirkan rangkaian program corporate social responsibility (CSR), antara lain dengan memberikan berbagai bantuan seperti paket sembako dan makanan serta bingkisan untuk 15.000 anak negeri yang terdiri dari yatim piatu, kelompok tidak mampu, dan masyarakat prasejahtera serta bantuan paket sembako dan alat kebersihan untuk 250 yayasan, panti asuhan, dan gereja.

“Kami terus mengajak masyarakat tetap bersemangat, bergandengan tangan, serta terus bergerak maju bersama-sama menyambut momen pergantian tahun yang penuh kesempatan dan harapan yang lebih baik. Dengan begitu, kita bisa tetap menggapai resolusi-resolusi di tahun yang baru sembari membantu sesama yang membutuhkan di masa penuh tantangan ini,” ujar Setyanto.

2. Penguatan layanan broadband

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, diprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan dibanding hari biasa 2020. Hal ini disebabkan tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini. Terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference. Selain itu layanan mobile gaming, akses browsing, dan layanan e-commerce melonjak.

Karena itu Telkomsel mengoptimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia yang mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

“Dengan adanya fokus optimalisasi jaringan di masing-masing titik prioritas ini kami berharap dapat meningkatkan user experience saat menggunakan jaringan Telkomsel,” kata Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam.

3. Menyiapkan pengoperasian tambahan BTS

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Nah untuk upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Hingga November tahun ini, Telkomsel telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

4. Perluas jaringan VoLTE

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Operator selular ini juga terus memantapkan peta jalan (roadmap) implementasi 5G di Indonesia dengan memperluas cakupan jaringan VoLTE, yang kini dapat dinikmati pelanggan di 48 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Berkat jaringan 4G LTE terdepan dan terluas dari Telkomsel, pelanggan bisa bebas berselancar, membuka berbagai aplikasi, streaming video, hingga bermain game saat masih dalam panggilan VoLTE.

5. Festival poin

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Nah yang nggak kalah menarik, Telkomsel menggelar program loyalitas dan promo paket layanan digital sejak awal Desember 2020 bertajuk To the POIN Festival (TTP). Rangkaian program ini mendapat sambutan antusias, salah satunya dengan adanya Lucky Draw To the POIN yang berlangsung hingga 31 Desember 2020. Program undian tersebut menawarkan berbagai hadiah melimpah, mulai dari 3 unit Honda HRV, 10 unit Samsung Note 20 Ultra, 26 unit Samsung A80, hingga hadiah utama 1 unit Mercedes-Benz C180. 

Selain itu, Telkomsel juga berkolaborasi dengan sejumlah e-commerce seperti Shopee, Lazada, dan Blibli untuk memberikan kejutan tambahan kepada pelanggan dengan menghadirkan berbagai diskon menarik, e-parcel akhir tahun, dan diskon pembelian smartphone hingga Rp700.000 dengan menukarkan POIN mulai dari 300 Telkomsel POIN. Di samping memberikan kejutan hadiah, Telkomsel turut bekerja sama dengan Kitabisa untuk mengajak pelanggan berdonasi lewat penukaran Telkomsel POIN.

“Dengan kehadiran program To the POIN Festival 2020 serta beragam promo paket layanan broadband dan digital yang berkolaborasi bersama sejumlah mitra platform layanan digital, kami berharap dapat memberikan serta melengkapi semangat masyarakat menyambut momen perayaan Natal 2020 dan menyongsong Tahun Baru 2021 dengan optimisme yang tinggi,” ujar Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani.

6. Ada konser juga loh

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Rangkaian program To the POIN Festival juga akan dimeriahkan konser digital yang mengusung tema “Thank God I’m Indonesian” yang akan disiarkan secara live streaming melalui aplikasi MAXstream pada 28 Desember 2020. Sederet musisi Tanah Air seperti Pamungkas, Noah, Weird Genius, Danilla, Fourtwenty, Anneth, Denny Caknan, bakal meramaikan konser ini.  

7. Layanan digital

7 Layanan Telkomsel akhir tahun  © 2020 brilio.net

Ada juga promo khusus untuk beragam layanan digital yang meliputi paket broadband bulanan dengan bundling berlangganan Disney+ Hotstar, paket Gala Plus dengan kuota data 30GB seharga Rp62.000 untuk akses layanan video streaming (HBO GO, VIU, IFLIX, VIDIO, Disney+ Hotstar, dan MAXstream), bonus kuota data 7GB untuk top-up dan aktivasi mobile games melalui Google Play Store dan Dunia Games, promo value added services (VAS) entertainment berupa diskon 50% untuk upgrade Tinder Gold, serta paket konsultasi kesehatan melalui aplikasi halodoc dengan harga mulai dari Rp30.000. 

Selain program layanan digital, Telkomsel turut memberikan nilai tambah untuk aktivitas pelanggan di aplikasi MyTelkomsel. Beberapa penawaran yang dapat dinikmati pelanggan melalui MyTelkomsel antara lain program Daily Check-in yang menawarkan bonus kuota data hingga 7,5GB serta kemudahan transaksi untuk pembelian produk di MyTelkomsel dengan saluran pembayaran digital via mitra fintech seperti Kredivo, ShopeePay, dan GoPay.