Brilio.net - Kasus bayi prematur di Indonesia terbilang tinggi. Dengan jumlah kelahiran sekitar 675.700 per tahun, Indonesia menduduki peringkat ke-5 tertinggi di dunia dalam hal kelahiran bayi prematur.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kandungan mencapai 37 minggu. Kondisi ini membuat bayi prematur memiliki tingkat kerentanan yang tinggi karena organ tubuhnya belum berkembang sempurna sehingga membutuhkan penanganan intensif. Bayi prematur menjadi penyebab utama kedua kematian pada anak di bawah 5 (lima) tahun di dunia setelah pneumonia.

Berangkat dari kepedulian terhadap isu bayi prematur ini, Reckitt Benckiser (RB) Indonesia telah melakukan kampanye dengan membagikan video singkat lewat media sosial. Kampanye yang diselenggarakan bertepatan dengan hari prematur sedunia pada 17 November 2020 lalu ini bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai isu bayi prematur di kalangan masyarakat. RB Indonesia mengajak baik masyarakat maupun tenaga dan badan kesehatan bersama–sama peduli dan memberikan harapan hidup yang lebih baik untuk bayi prematur Indonesia.

Reckitt Benckiser donasi alat kesehatan untuk bayi prematur Indonesia Reckitt Benckiser

Reckitt Benckiser donasi alat kesehatan untuk bayi prematur Indonesia
foto: Reckitt Benckiser

Dalam kampanye kepedulian ini, RB Indonesia menyumbangkan paket alat kesehatan dengan total nilai sekitar Rp 900 juta untuk dua rumah sakit yang menjadi rujukan nasional dalam penanganan bayi prematur, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan RSAB Harapan Kita.

“RB Indonesia berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada pembangunan manusia Indonesia yang sehat dan kuat. Sebelumnya kami telah dan masih terus ikut serta dalam perang melawan COVID- 19. Kali ini kami juga ingin ikut serta dalam perjuangan berkesinambungan mencapai tujuan Millenium Development Goals (MDGs) yaitu menurunkan angka kematian bayi Indonesia yang disebabkan oleh komplikasi kelahiran prematur. Dengan pemberian paket alat kesehatan seperti Ventilator Transport T1 Neonate, kami berharap dapat berkontribusi dalam memberikan harapan hidup lebih baik bagi bayi prematur Indonesia," papar Head of Community Affairs and Partnership - RB Indonesia, Donny Wahyudi.

Reckitt Benckiser donasi alat kesehatan untuk bayi prematur Indonesia Reckitt Benckiser

Reckitt Benckiser donasi alat kesehatan untuk bayi prematur Indonesia
foto: Reckitt Benckiser

Sebagai perusahaan consumer goods terkemuka di bidang kesehatan dan kebersihan, RB berkomitmen melindungi, menyembuhkan, dan memelihara dalam mewujudkan dunia yang lebih bersih dan sehat. Di Indonesia, RB menjalankan program berkesinambungan “Keluarga Sehat, Indonesia Sehat” yang memberikan akses edukasi, produk, dan inspirasi kepada masyarakat untuk menjalankan gaya hidup yang lebih bersih dan sehat.