Brilio.net - Minggu siang ini (12/3), Raja Salman berserta rombongan akan meninggalkan Bali setelah melakukan kunjungan ke Bali sejak 4 Maret lalu. Rombongan Raja Salman akan meninggalkan Indonesia setelah melakukan lawatan selama 12 hari sejak 1 Maret lalu.

Dampak dari keberangkatan rombongan Raja Salman hari ini menuju Jepang ini, sebanyak 18 penerbangan rute domestik maupun mancanegara Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mengalami penundaan.

"Penerbangan yang terdampak itu 13 di antaranya penerbangan domestik dan sisanya internasional," kata Kepala Bidang Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, Minggu, seperti dikutip dari Antara.

Usai dari Bali, Raja Salman dijadwalkan akan mengunjungi Jepang. Raja Salman dan rombongannya dijadwalkan lepas landas sekitar pukul 11.00 WITA ini menuju Bandara Haneda, Jepang menggunakan pesawat kerajaan Arab Saudi dengan nomor SVA-01 Boeing 747 seri 400.

Menurut Arie, Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Notice to Airman mengenai perkiraan penundaan penerbangan di bandara itu antara pukul 10.45 hingga 11.30 WITA.

Barang-barang milik rombongan Raja Salman seberat 16,6 ton telah diangkut menggunakan pesawat kargo pada Sabtu (11/3) kemarin menuju Jepang.

Sementara itu, pagi tadi menjelang kepulangan Raja Salman, warga Bali banyak memenuhi trotoar untuk ikut mengantar kepulangan Raja Arab Saudi tersebut.

"Saya sudah dari jam 8 pagi, Pak. Semoga Raja Salman mau buka kaca mobil seperti waktu tiba," aku Minah salah satu warga.