Brilio.net - Aplikasi smart city Qlue baru-baru ini berkolaborasi dengan Nvidia Inception Program, sebuah program akselerator untuk perusahaan rintisan teknologi deep learning dan artificial intelligence alias kecerdasan buatan. Tujuan kolaborasi ini untuk melakukan berbagai inovasi teknologi dalam mewujudkan Indonesia menjadi smart nation.

Sekadar informasi, setiap startup yang bergabung dalam program ini akan mendapatkan berbagai keuntungan yang berkelanjutan, mulai dari pelatihan dari para pakar, program hibah untuk perangkat keras (hardware) serta dukungan pemasaran.

“Program akan membantu kami dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dalam memberikan solusi artificial intelligence dan deep learning, yang telah tersedia dalam Qlue,” ujar Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya.

Qlue © 2019 brilio.net

Lewat program ini, Rama juga berharap teknologi Qlue sebagai bagian dari solusi smart city akan lebih optimal. “Program ini akan membuka akses ke ahli-ahli deep learning, dukungan GPU dan software NVIDIA, memberikan pelatihan dari Nvidia Deep Learning Institute, dan dukungan dari sisi marketing yang akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengembangkan Qlue,” lanjut Rama.

Qlue akan memanfaatkan Nvidia Inception program untuk mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning. Berbagai inovasi teknologi Qlue memberikan solusi secara real-time sehingga dapat memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik itu di tingkat pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Selama ini Qlue menawarkan berbagai solusi teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning, seperti QlueVision sebagai solusi analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasi perilaku manusia, penghitungan kendaraan dan manusia, identifikasi wajah dan indentifikasi plat nomor kendaraan.

QlueVision diklaim telah membantu berbagai pemerintahan kota/kabupaten, badan pemerintah, dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan manusia secara signifikan.

Sementara itu Senior Manager Channel and Alliances (Pacific South) Nvidia, Budi Harto, menyampaikan pihaknya senang dapat mendukung Qlue untuk mengembangkan produk berbasis artificial intelligence dan deep learning.

“Nvidia memberikan apresiasi kepada Qlue karena telah memberikan berbagai solusi teknologi dengan menggunakan artificial intelligence dan deep learning untuk mewujudkan smart city di Indonesia,” kata Budi.

Menurutnya Qlue telah memberikan perubahan besar pada pemanfaatan teknologi AI di Indonesia sejak berdiri pada 2016 lalu. Untuk itu, Nvidia akan memfasilitasi Qlue dalam pengembangan berbagai produk artificial intelligence dan deep learning dengan berbagai teknologi dan pengetahuan dari Nvidia. Melalui kerjasama ini Nvidia berkomitmen untuk mendukung berbagai produk dan bisnis Qlue untuk mengembangkan ekosistem smart city di Indonesia.