Brilio.net - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyatakan akan memeriksa para artis yang diduga terlibat dalam prostitusi online yang dikendalikan oleh mucikari ES dan TN. Total ada 45 artis dan seratusan model yang terlibat prostitusi online dan dikendalikan muncikari berinisial ES dan TN.

"Mereka akan diperiksa untuk membongkar kasus prostitusi yang dikendalikan dua mucikari ini," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat menggelar konferensi pers di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin (7/1).

Terkait nama-nama artis dan model yang terlibat, Kapolda enggan mengungkapkannya. Yang pasti, lanjut Luki, polisi sudah memiliki foto-foto, nama-nama, dan bukti transaksi dari para artis dan model yang terlibat prostitusi online tersebut.

"Kita sudah punya foto-fotonya, sudah punya nama-namanya, sudah ada sebagian transaksinya," terangnya.

Lanjut dia, tarif yang dikenakan terhadap para artis dan model ini bervariasi tergantung tingkat kepopuleran. Luki menyebut, bisnis ini memiliki jaringan yang cukup besar.

"Ada yang (tarifnya) Rp 100 juta, ada yang Rp 80 juta, Rp 50 juta, yang paling kecil Rp 2 juta," ujarnya dikutip Antara.

Masih menurut dia, bisnis prostitusi online yang melibatkan sejumlah artis dan model ini telah berlangsung selama kurang lebih dua tahun terakhir atau sejak tahun 2017 lalu. Sementara untuk pembayarannya menggunakan transaksi digital dengan pembayaran uang muka sebesar 30 persen dan sisanya dibayar ketika di hotel.

"Semua kota, tergantung sesuai pemesanannya, bahkan dari luar negeri juga. Pembagiannya, masing-masing orang punya pembagiannya, seperti kemarin ada kepada ininya langsung Rp 35 juta, sisanya dibagi-bagi," pungkasnya.