Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang memiliki 7,4 juta pengikut Twitter, masuk dalam jajaran 10 besar pemimpin dengan pengikut terbanyak di media sosial berlogo burung tersebut. Hal itu berdasarkan studi terbaru Burson-Marsteller bertajuk Twiplomacy Study 2017.

Tidak hanya Jokowi, studi itu juga mencatat akun Twitter resmi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia sebagai salah satu yang aktif menciptakan 'Moments', fitur yang diperkenalkan pada 2016 berbentuk kumpulan kisah yang menampilkan peristiwa populer di Twitter.

Sementara Paus Fransiskus (@pontifex) kini menjadi pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak di Twitter dengan 33,7 juta pengikut. Cuitan Sri Paus biasanya berisi ucapan bijak atau doa dalam berbagai bahasa seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Latin, Polandia, Portugis dan Spanyol.

Masih menurut siaran pers Burson-Marsteller, posisi kedua ditempati oleh akun Presiden Amerika Serikat Donald Trump (@realDonaldTrump) yang memiliki 30,1 juta pengikut, tumbuh tiga kali lipat sejak pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016. Pemimpin lain yang menghuni urutan 10 teratas dalam peringkat itu adalah Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Berikut adalah urutan lengkap 10 pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak di Twitter dikutip dari akun Twitter Burson-Marsteller, Senin (5/6).