Brilio.net - Di tengah maraknya pandemi virus corona atau Covid-19, kabar gembira muncul. Seorang ibu hamil yang merupakan pasien positif Covid-19, berinisial EF melahirkan bayi laki-laki sehat di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (28/4) pukul 14.28 WIB.

Dilansir brilio.net dari dream.co.id, Rabu (29/4) bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir secara caesar. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Siloam Kelapa Dua, Jacobus Jeno Wibisono, menjelaskan, bayi itu dalam keadaan sehat walau sang ibu mengidap Covid-19.

"Bayi sehat dan selamat, dengan panjang 47 cm, lingkar kepala 33 cm, dan berat lahir 2.880 gram," jelas Jacobus.

Jacobus juga menerangkan bagaimana proses persalinan tersebut yang melibatkan sejumlah dokter. Di antaranya ahli spesialis anak Angelina dan dokter spesialis anestesi Ronald Christian Agustinus Aritonang serta Jacobus Jeno sebagai ketua tim operasi.

Menangani pasien positif Covid-19 tentunya para dokter mengenakan protokol Covid-19 yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) dalam proses persalinan EF.

"Kami menerapkan protokol yang ketat untuk operasi SC (Caesar) pasien terkonfirmasi Covid-19. Tindakan dilakukan di kamar operasi dengan tekanan negatif dengan jumlah petugas di kamar operasi seminimal mungkin, yang seluruhnya menggunakan alat pelindung diri (APD) level 3 sesuai prosedur yang berlaku. Selain itu, pascaoperasi ruangan juga dibersihkan secara menyeluruh sesuai standar," ujar Jacobus.

Sehari pasca-operasi, dipastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi saat ini stabil. Keduanya dirawat terpisah sehingga sang bayi juga tidak disusui langsung oleh Ibunya.

"Bayi dan ibunya stabil, memang tidak disusui langsung namun dengan ASI perah. Kami akan terus memantau perkembangan kondisi bayi dan memperhatikan dengan seksama apabila ada gejala yang muncul," ucap dia

Tim dokter juga mempersiapkan proses swab-PCR test untuk bayi. Hal itu dilakukan segera untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan sang bayi.

EF mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada tim medis RS Siloam Kelapa Dua.

"Kami sangat bersyukur dan bahagia atas lancarnya tindakan kelahiran putra kami. Terima kasih kami ucapkan, kepada dokter, perawat, dan tim medis yang setia menemani kami pada masa sulit dan berat seperti ini. Semua hal tersebut sangatlah berarti," kata EF.