Brilio.net - Pasokan listrik Jakarta, Banten dan sebagain Jawa Barat mengalami gangguan sejak pukul 11.48 WIB. Mati lampu di sejumlah wilayah di Jakarta disebabkan oleh gangguan pada gas turbin 1 sampai 6 di Suralaya. Selain itu, gangguan juga terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon.

PLN melalui akun instagramnya @Pln.up3bantenutara menyebutkan sistem Jakarta-Banten tidak berfungsi. Dalam keterangan itu diseburkan jika sejak pukul 11.48 wib sistem Jakarta Banten black out padam

"Listrik padam di sejumlah wilayah di Jakarta disebabkan oleh gangguan pada gas turbin 1 sampai 6 di Suralaya. Selain itu, gangguan juga terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon, " sebut akun tersebut.

PLN ungkap penyebab mati listrik di Jakarta dan sekitarnya © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pln.up3bantenutara

Terkait pemadaman listrik di wilayah lainnya termasuk Jawa Barat disebabkan karena gangguan transmisi Sutet 500 kV. Area yang terdampak listrik padam antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

"Upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa gardu sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ungkap Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka dalam akun Instagram, tersebut.

PLN ungkap penyebab mati listrik di Jakarta dan sekitarnya © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pln.up3bantenutara

Beberapa perbaikan yang sudah dilakukan antara lain dengan pengamanan GSW yang putus dan penyalaan kembali gas turbin di Suralaya. PLN juga akan melakukan scanning assesmen kondisi GSW yang sejenis. Untuk menimalisir pemadaman, PLN melakukan pengaturan beban dari UP2B.

"Kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal, " katanya.