Brilio.net - Virus corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China kini sudah menyebar ke lebih dari 180 negara. Negara Paman Sam tak luput dengan penyebaran virus ini. Bahkan kasus corona di Amerika Serikat menempati posisi pertama, melebihi China dan Italia.

Berdasarkan data dari Worldometer, di Amerika Serikat sudah ada 142.726 kasus corona. Sebanyak 2.489 di antaranya meninggal. Kasus corona di Amerika Serikat melebihi di China dengam jumalh 81.470 kasus.

Seiring dengan semakin bertambahnya kasus corona di Amerika Serikat, pemerintah setempat bersama gubernur Washington, Jay Inslle juga beserta Presiden Amerika Donald Trump akan melakukan langkah besar untuk memperlambat penyebaran virus Corona.

Pemerintah mengimbau untuk melakukan untuk melakukan uji klinis, lalu mempelajari pengobatan mana yang efketif pada pasien, lalu mengembangkan vaksin. Langkah ini diharapkan dapat menekan angka pertumbuhan pasien yang datang kerumah sakit.

Dilansir brilio.net dari thenewstribune.com, Senin (30/3), Dr James Town selaku Direktur unit perawatan intensif medis (ICU) di Harborview Medical Center menyampaikan bahwa mereka sudah memiliki alat untuk meredam pertumbuhan kasus corona. Dr. James adalah salah satu orang yang bertanggung jawab dalam menghadapi virus corona COVID-19 di Amerika Serikat.

Loading...

Bagan yang ada sekarang hanya dapat menunjukan jumlah dan total kasus Corona dalam satu hari. Namun yang dibutuhkan bukan hhanya total harian, namun juga harus ada total mingguan atau bahkan data dalam satu bulan.

Grafik dan kurva harus mencakup kenaikan dan puncak pertumbuhan Corona dengan angka, yang selalu dapat diupdate setiap hari. Sehingga angka yang sudah muncul dalam grafik dapat menghasilkan kurva. Dengan bentuk kurva kita bisa memantau kenaikan dan penurunan lebih efektif.

Town menyampaikan, bahwa kurva yang datar lebih baik, karena data dari kurva yang datar berati bahwa jumlah pasien dan jumlah petugas medis sama banyaknya. Dengan jumlah yang sama banyak, akan lebih mudah ditangani, dibandingkan dengan jumlah pasien yang lebih banyak dari petugas medis.

Hal yang dapat dilakukan agar kurva bisa menjadi datar adalah dengan mengubah ruang perawatan dan ruang operasi menjadi ICU untuk penanganan pasien terinfeksi corona Covid-19.

Sehingga petugas medis bisa bekerja lembur. Untuk menangani pasien yang menggunakan ventilator akan mebutuhkan penanganan ful dari dokter, perawat dan sumber daya lainnya.

Namun jika alat dan tempat menangani sudah tercukupi, jumlah perawat juga harus memenuhi standar. Karena perawat dan dokter yang bertugas juga harus memiliki waktu istirahat, dan tidak bisa bekerja sepanjang waktu.

RECOMMENDED BY EDITOR