Brilio.net - Nama Aprilia Manganang menjadi sorotan setelah ia tampil apik memperkuat timnas bola voli putri Indonesia pada ajang SEA Games 2015. Bukan hanya soal kemampuannya, tapi juga penampilannya yang tomboi.

Lama tak muncul di layar kaca, Aprilia Manganang membawa kabar terbaru yang membuatnya kembali jadi sorotan. Bukan soal kegiatannya setelah memutuskan pensiun jadi atlet, tapi status gendernya yang baru saja dikonfirmasi sebagai laki-laki.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis yang dilakukan Aprilia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Februari 2021, Andika Perkasa mengungkapkan jika mantan atlet voli putri tersebut berjenis kelamin pria.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, hipospadia," tutur Andika di Mabes TNI AD seperti dikutip brilio.net dari liputan6, Selasa (9/3).

Aprilia Manganang dikonfirmasi laki-laki © berbagai sumber

foto: Liputan6/Helmi Fithriansyah

Andika Perkasa juga mengungkapkan jika hasil tersebut sangat dinanti oleh Aprilia yang kini berpangkat Serda di TNI AD. Menurutnya, sejak kecil Aprilia mengaku sudah merasakan adanya perbedaan antara dirinya dengan perempuan lain.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, di setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki," jelas dia soal Serda Aprilia Manganang.

Sementara itu, Aprilia Manganang kini masih menjalani serangkaian pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi jumlah kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI.

"Jadi saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia. Akhirnya Sersan Manganang rupanya sambil dengan excited. Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," Andika menandaskan.

Aprilia Manganang sendiri mengaku lega dan bahagia dengan hasil medis terkait jenis kelaminnya. Dihubungi lewat virtual, Aprilia Manganang menyampaikan rasa syukurnya pada Tuhan.

Aprilia Manganang dikonfirmasi laki-laki © berbagai sumber

Potret terbaru Aprilia/foto: Instagram/@manganang92

"Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini, dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya," tutur Aprilia Manganang lewat virtual yang ditampilkan di Mabes TNI AD.

Aprilia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa dan para dokter RSPAD Gatot Subroto yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan tersebut.

"Saya terima kasih ke dokter yang sudah bantu saya, saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini tercapai," jelas Aprilia.

Sedikit kilas balik, status gender Aprilia Manganang memang kerap jadi sorotan. Saat membela timnas voli putri Indonesia di ajang SEA GAMES 2015, Pelatih timnas Filipina Roger Gorayeb ragu apakah Aprilia wanita tulen. Pasalnya, secara penampilan dan kemampuan fisik, Aprilia mirip laki-laki.

Filipina pun mengajukan protes resmi kepada panitia. Mereka bahkan meminta Aprilia menjalani pemeriksaan jenis kelamin terlebih dulu.

"Kami sudah mengajukan protes, terserah kepada manajer pertandingan untuk meneruskannya kepada federasi bola voli atau pengurus voli di sini," kata juru bicara wanita timnas voli Filipina.