Brilio.net - Di tengah perkembangan teknologi digital yang begitu pesat saat ini, bukan rahasia lagi jika banyak bermunculan perusahaan rintisan (start up). Yang cukup menarik, berbagai start up yang lahir dominan diinisiasi anak-anak muda. Tak heran jika saat ini banyak start up di Indonesia yang sudah mampu berbicara di tingkat internasional. Bahkan beberapa sudah mengantongi label unicorn.

Penetrasi internet dan kekuatan jaringan telekomunikasi merupakan salah satu faktor yang membuat start up tumbuh subur di Indonesia. Secara tidak langsung, perusahaan pengelola jaringan telekomunikasi menjadi salah satu “kunci” bergeliatnya  technopreneur.

Saat ini, beberapa perusahaan telekomunikasi juga terus berupaya mendorong pertumbuhan start up dengan memanfaatkan kemajuan era digital. Salah satunya dilakukan Telkomsel lewat inisiasi The NextDev. Program yang sejatinya merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan itu sudah diluncurkan sejak 2015 lalu dengan mengusung tagline Membuat Dampak Sosial Melalui Teknologi.

Solusi bagi anak muda yang mau jadi entrepreneur

Nextdev Summit © 2019 brilio.net

Loading...

Sebagai informasi, The NextDev muncul lima tahun lalu karena banyaknya antusiasme anak muda khususnya di kota-kota kecil di Indonesia yang ingin menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan digital teknologi. Hal inilah yang membuat Telkomsel menawarkan solusi lewat kompetisi dan eksosistem digital dengan memberikan platform dan fasilitas. Tujuannya untuk mengangkat derajat start up yang lahir dari kota-kota kecil sehingga bisa seperti sekarang.

Program yang sudah berjalan di tahun kelima ini pun sudah banyak membidani lahirnya start up lokal. Maklum sejak awal program ini memang dimunculkan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan skalabilitas technopreneurs sosial lewat berbagai ide dan inovasi untuk memberikan dampak sosial bagi kehidupan masyarakat.

Sejak 2015, inisiatif ini sukses memajukan sekitar 5.000 early stage startup nasional yang memberikan dampak sosial positif bagi pertumbuhan negeri sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia. Melalui The NextDev, Telkomsel melengkapi kemampuan dan kapabilitas perusahaan rintisan tersebut melalui edukasi mengenai pengembangan diri, pendalaman penelitian dan pengembangan pengguna, design sprint, branding, pengembangan produk, dan model bisnis melalui inovasi The NextDev Academy yang lahir pada 2017 silam.

Hebatnya lagi The NextDev Academy memiliki kurikulum yang setara dengan Silicon Valley Innovation Center dan terakreditasi Global Accreditation Learning Platform. The NextDev Academy pun menjadi bagian dari CSR Telkomsel untuk memberdayakan anak muda Indonesia agar menjadi next big things ekosistem start up di Indonesia.

Konferensi teknologi yang akan menghadirkan inovasi

Nextdev Summit © 2019 brilio.net

Tak heran jika perusahaan telekomunikasi ini pun selalu berupaya memunculkan berbagai inisiatif yang mampu mendorong ekosistem digital di Indonesia. Menyikapi perkembangan tersebut, tahun ini Telkomsel pun akan menggelar konferensi teknologi The NextDev Summit 2019 untuk pertama kalinya.

“NextDev Academy hadir di lebih dari 20 kota di Indonesia. Saat ini ada lebih dari 100 start up yang sudah lulus NextDev Academy dan kita punya 5.000 start up sekarang. Tahun ini menjadi titik kulminasi dari tahun 20015 di mana kita menghadirkan The NextDev Summit 2019 yang akan menjadi The NextDev Hub, menjadi satu tempat berkumpulnya start up di Indonesia di mana mereka bisa berkolaborasi untuk menciptakan satu inovasi,” ujar ujar Steve Saerang Project Leader The NextDev Summit 2019 saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (3/12).

Konferensi teknologi yang mengusung tema Spark the Change ini sekaligus sebagai bukti kemajuan teknologi digital bisa berdampak sosial positif. Konferensi yang akan digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 7 Desember 2019 ini juga untuk memberikan inspirasi dan melahirkan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia.

General Manager CDR Telkomsel Tubagus Husniyullah menjelaskan The NextDev Summit 2019 bakal menghubungkan para pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang dan memfasilitasi kolaborasi antar berbagai pihak, demi mengakselerasikan ekonomi digital di Indonesia secara keseluruhan dan berkelanjutan.

“Acara ini (The NextDev Summit) punya semangat untuk menghubungkan semua staleholder pemain digital untuk mencari informasi, berkolaborasi, sekaligus mengembangkan kapasitasnya. Acara ini juga untuk mempercepat akselerasi digital di Indonesia,” ujar pria yang biasa disapa TB ini.     

Bakal ada ribuan partisipan

Nextdev Summit © 2019 brilio.net

Acara ini akan menghadirkan sekitar 5.000 partisipan yang merupakan para milenial dengan antusiasme tinggi terhadap startup digital serta dampak sosial positif. Selain itu akan ada lebih dari 105 pembicara yang merupakan para ahli dari industri teknologi dengan pengalaman mendalam.

Di acara ini juga akan ada 50 sesi tatap muka yang terdiri dari workshop, diskusi panel, diskusi santai, dan sejumlah presentasi. Yang juga tak kalah penting, The NextDev Summit 2019 akan menghadirkan 50 startup dengan kiprah paling menarik di Indonesia dalam menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Nah buat Sobri (Sobat Brilio) yang ingin mengikuti acara ini, caranya gampang banget lho. Buka laman ini lalu klik ikon Get Ticket. Donasi sebesar Rp 74.000 (atau lebih) melalui LinkAja. Donasi akan disalurkan melalui KitaBisa.com dan BenihBaik.com. Setelah itu konfirmasi pendaftaran dan QR code untuk discan saat hari H, akan terkirim melalui email juga.

Bukan cuma konferensi teknologi saja lho. Acara ini juga menghadirkan sejumlah hiburan bagi pengunjung. Dijamin kamu bakal mendapat pengalaman seru mulai dari urusan belajar mendirikan perusahaan rintisan, menikmati sajian kuliner kekinian, menikmati musik, sampai ngakak abis nonton aksi stand up comedy.

RECOMMENDED BY EDITOR