Brilio.net - Seorang pemandu objek Wisata Gua Pindul, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Giyo (50), dikabarkan hilang ketika memandu rombongan wisatawan sekitar pukul 12.30 WIB, Minggu (9/10). Saat itu Giyo mencoba mengambil barang pengunjung yang hanyut di dekat pintu keluar Gua Pindul.

"Kejadiannya kemarin pagi saat Pak Giyo memandu rombongan. Awalnya saat berada dalam gua lancar tapi pas sampai di luar ada barang salah satu wisatawan yang jatuh. Pak Giyo langsung menyelam tapi setelah ditunggu nggak juga muncul ke permukaan," kata salah seorang warga yang tak mau disebutkan identitasnya saat dihubungi brilio.net, Senin (10/10).

pemandu Goa Pindul hilang © 2016 brilio.net

foto: @SAR_NASIONAL

Sementara salah seorang pemandu objek Wisata Gua Pindul, Eri Setiawan (27), menyatakan Giyo merupakan pemandu senior dan dianggap sebagai pawangnya Gua Pindul. Di duga, Pak Giyo menyelam pada zona yang dilarang dan tersedot di aliran bawah tanah hingga kemudian tersangkut batuan.

pemandu Goa Pindul hilang © 2016 brilio.net

foto: infocegatanjogja

"Mungkin air yang keruh karena air hujan sehingga pandangannya gelap tanpa sadar mendekati pusaran air dan susah untuk naik ke permukaan. Pengelola akan memasang jeruji besi untuk mengantisipasi hal yang sama," tambah Eri.

pemandu Goa Pindul hilang © 2016 brilio.net

foto: Eri Setiawan

Pemandu Gua Pindul lantas mencoba melakukan pencarian dibantu tim SAR Yogyakarta. Korban akhirnya berhasil dievakusi Tim SAR gabungan pada Senin (10/10) sekitar pukul 14.20 WIB dalam kondisi meninggal dunia. Almarhum meninggalkan 1 orang istri, Rina Tri Jayanti (45) dan 4 orang anak, bahkan yang paling bungsu masih duduk dibangku PAUD.