Setelah membuka pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sejak tanggal 30 Juni hingga 26 Juli kemarin, kini masa pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK telah ditutup. Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ini sempat diperpanjang dari sebelumnya berakhir pada 21 Juli 2021.

Sejalan dengan itu, sebelumnya para pelamar CPNS 2021 dan PPPK harus memahami core values Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tagline 'Berakhlak' yang merupakan akronim dari 'Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis'.

Berikut panduan perilaku core values ASN, yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti dirangkum brilio.net dari Liputan6.com dan berbagai sumber lainnya, Selasa (27/7).

1. Berorientasi pada pelayanan, yakni ASN harus berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Panduan perilakunya adalah ASN harus memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan; dan melakukan perbaikan tiada henti.

2. Akuntabel, yakni ASN harus bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan, dengan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi. Kemudian menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien; serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

3. Kompeten, ASN harus terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah; membantu orang lain belajar; dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

4. Harmonis, ASN harus peduli dan menghargai perbedaan setiap orang apapun latar belakangnya ; suka menolong orang lain; dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

5. Loyal, ASN harus berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, dengan memegang teguh ideologi Pancasila, undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah; menjaga nama baik sama ASN, pimpinan instansi dan negara; serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

6. Adaptif, ASN harus terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan, yakni cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan; terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas; dan bertindak proaktif.

7. Kolaboratif, ASN harus membangun kerjasama yang sinergis, dengan memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi; terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah; dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.