Brilio.net - Di tengah lonjakan kasus positif Covid-19, ketersediaan ruang IGD dan ruangan di rumah sakit makin mengkhawatirkan. Baru-baru ini sebuah video beredar di media sosial, memperlihatkan suasana di halaman RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi yang dipenuhi pasien Covid-19.

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, mengunggah kembali video tersebut dan mengingatkan agar masyarakat tidak lagi kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Hari ini. Bukan di India, tapi di negeri kita ini. Mau abai seperti apalagi? Ayo ikhtiar jaga diri dan orang lain dengan patuh pada protokol kesehatan," tulis Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, seperti dilansir brilio.net dari Instagram @tuanggurubajang pada Jumat (25/6).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi (@tuangurubajang)

Video yang diambil pada Jumat, 25 Juni 2021 lalu ini menunjukkan kondisi di mana IGD RSUD Kota Bekasi telah penuh. Begitu pula dengan tenda BNPB yang baru dua hari didirikan.

Sebelumnya pihak RSUD Bekasi sudah mengumumkan lewat Instagram dan memberikan imbauan lebih lanjut kepada masyarakat.

"Kondisi saat ini sudah semakin gawat, patuhi selalu protokol kesehatan ya sahabat sehat! Dan kurangi keluar rumah bila kurang dirasa perlu," demikian pernyataan RSUD Kota Bekasi.

Alhasil sejumlah pasien tidak mendapat tempat yang layak. Tampak ada pasien yang masih berada di bak mobil pikap. Seorang perawat memakai APD terlihat sedang memantau kondisi pasien tersebut.

Selain itu, tampak pula sejumlah pasien yang sampai dirawat di jalanan tepat di depan rumah sakit. Mereka harus terpapar sinar matahari dan menunggu ketersediaan ruangan yang layak.