Brilio.net - Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 dirayakan di Istana Merdeka Jakarta tepat pada pukul 10.00 WIB. Kemeriahan hadir dengan iringan tembakan meriam sebanyak 17 kali, sirine, bedug masjid, serta lonceng gereja. Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera tepat pada pukul 10.22 WIB.

Peringatan ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2016 lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini merupakan keinginan langsung dari Presiden RI Joko Widodo. Beberapa rangkaian yang belum pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya ditambahkan pada perayaaan kemerdekaan di Istana Merdeka tahun ini. Berikut ini adalah beberapa rangkaian baru perayaan kemerdekaan tersebut, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (17/8).

1. Kirab bendera pusaka.

hut 71  © 2016 brilio.net

Tahun ini, bendera pusaka diarak dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka. Arak-arakan ini dapat disaksikan oleh masyarakat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bendera pusaka hanya diletakkan di depan Presiden selama upacara bendera berlangsung. Perubahan ide yangg datang dari Presiden Joko Widodo ini merupakan bentuk penghormatan pada bendera pusaka yang merupakan simbol negara. Setelah upacara penurunan bendera, bendera akan diarak kembali dari halaman Istana Merdeka menuju Monumen Nasional.

2. Jumlah Paskibraka 67 orang.

hut 71  © 2016 brilio.net

Tahun ini sebenarnya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang direkrut berjumlah 68 orang. Namun akibat salah seorang anggota paskibraka, Gloria Natapradja Hamel, sempat dinyatakan gugur akibat memiliki paspor Prancis. Dia tidak dapat berpartisipasi dalam prosesi upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka. Namun setelah mendapat restu dari Presiden dan Wakil Presiden, pelajar asal Depok, Jawa Barat itu dapat berpartisipasi dalam upacara penurunan bendera.

3. Distribusi bendera.

hut 71  © 2016 brilio.net

Kementerian Sekretariat Negara menggelar serah terima bendera negara Sang Merah Putih kepada seluruh Pemerintah Provinsi. Kali ini, Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia juga turut mendapat distribusi bendera pusaka itu melalui pemerintah provinsi. Tahun ini Sekretariat Presiden memberikan Bendera Negara Sang Merah Putih kepada 34 Provinsi, 416 Kabupaten dan 98 Kota di seluruh Indonesia.

4. Sedikit pejabat yang diundang.

hut 71  © 2016 brilio.net

Pada peringatan kemerdekaan RI ke-71 kali ini Presiden Jokowi mengundang sejumlah sosok inspirasi, para jawara olimpiade, para orangtua anggota Paskibraka, serta para pelajar Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Jumlah tamu undangan ini tak kurang dari 200 orang. Perbandingan masyarakat dengan pejabat pemerintah yang menjadi peserta upacara kemerdekaan kali ini adalah 70:30.

5. Disiarkan lewat teknologi video 360.

hut 71  © 2016 brilio.net

Siapa saja bisa menyaksikan prosesi upacara bendera di Istana Merdeka dari sudut pandang seolah berada langsung di lokasi. Video dapat diakses melalui YouTube dan Twitter Presiden Jokowi. Penonton hanya perlu menggeser tampilan layar smartphone atau komputer untuk mendapatkan sudut pandang yang diinginkan.

6. Konser musik.

hut 71 © 2016 brilio.net

Rangkaian upacara peringatan kemerdekaan kali ini dimeriahkan pula dengan adanya konser musik. Tak hanya paduan suara dan berbagai kesenian daerah yang dihadirkan, penyanyi papan atas tanah air turut sumbang penampilan. Setelah pengibaran bendera selesai, giliran Raisa dan grup band Slank tampil pada pukul 11.00 WIB. Pada sore hari sebelum upacara penurunan bendera, Grup Band Nidji bersama penyanyi Opie Andaresta juga tampil untuk membawakan lagu-lagu nasional.

7. Tamu undangan diberi bingkisan kopi dan mi instan.

Logo HUT RI ke-71 diduga menjiplak logo ini! © 2016 brilio.net

Tamu undangan pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-71 RI ini banyak yang berasal dari masyarakat biasa. Mereka diberikan bingkisan yang isinya antara lain kopi kemasan dan mi instan cup. Selain itu ada juga topi dan kipas, serta CD album Sri Hanuraga Trio ft Dira Sugandi berjudul Indonesia.