Brilio.net - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato politiknya dalam Dies Natalis Partai Demokrat ke-15. Ketua Umum Partai Demokrat itu menyoroti tiga isu besar yakni soal keadilan, kebhinekaan, dan kebebasan pada Selasa (7/2) lalu.

Dalam pidato berdurasi kurang-lebih 70 menit atau satu jam lebih sepuluh menit tersebut, SBY menyoroti rangkaian aksi bela Islam, kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama, hingga demo mahasiswa di depan rumahnya di Mega Kuningan. Dia juga banyak menyinggung mengenai kinerja pemerintah dan aparat penegak hukum.

Di video pidato politik SBY yang beredar luas di media sosial dikutip brilio.net, Jumat (10/2), ternyata ada pemandangan tak biasa. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan tampak menahan kantuk yang sangat. Beberapa kali, dia terlihat tertidur meski cuma sesaat saja.

Ini video yang sudah diedit netizen

Loading...

Sebagai manusia biasa, wajar apa yang dialami Hinca. Apalagi agenda politik tengah padat-padatnya. Selain mempersiapkan Dies Natalis Partai Demokrat ke-15, tentu Hinca ikut bergerilya guna memenangkan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni yang diusung partainya dalam Pilkada DKI Jakarta.

Ini video aslinya

Netizen juga tak menyalahkan Hinca Panjaitan. Mereka menilai kejadian itu manusiawi dan tak perlu dipersoalkan lebih jauh. Apalagi budaya Indonesia menjunjung kerja keras dan memaklumi kejadian-kejadian kecil yang tak disengaja.

"Mungkin dia lelah....," komentar akun Igoen.

"Positive thinking aja... mungkin dia ngantuk," timpal akun Ya Yuk.

RECOMMENDED BY EDITOR