Brilio.net - Arus mudik dan balik Lebaran tahun ini menyimpan sejumlah cerita unik. Salah satunya tersedia petugas "kesehatan gendong". Disebut demikian karena mereka menggunakan motor untuk menangani pemudik yang bermasalah kesehatannya.

Petugas yang ditempatkan di tempat peristirahatan kilometer 42 tol Jakarta-Cikampek menangani pemudik sejak Selasa (27/6) hingga Minggu (2/7).

Sejak bertugas, sebagaimana dikutip Antara, Minggu (2/7), mereka sudah menangani 47 pemudik. Para pemudik rata-rata mengeluhkan sakit kepala, diare hingga maag. "Kami juga sempat menangani kecelakaan ringan di kilometer 39," kata petugas kesehatan dari Puskesmas Wanakarta Karawang, Dede Sutrisna.

Iyon Sofyang, petugas lainnya mengatakan "kesehatan gendong" dengan sepeda motor mampu menembus kemacetan di jalan tol untuk menangani korban kecelakaan.

"Kami hanya menangani kasus-kasus perdarahan, sumbatan jalan napas, kecelakaan cedera leher, dan dehidrasi ringan dengan sepeda motor," ujar Iyon yang bertugas sebagai pengendara "kesehatan gendong" sepeda motor.