Brilio.net - Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi duka bagi keluarga, kerabat, dan masyarakat Tanah Air. Pada Sabtu (4/6) warga dari Bandung maupun luar Bandung berbondong-bondong takziah dan menyampaikan belasungkawa langsung pada Ridwan Kamil sekeluarga di Gedung Pakuan, Bandung. Rangkaian bunga simbol belasungkawa juga berdatangan dari berbagai pihak.

Bukan rakyat Indonesia saja yang merasakan pilu atas kepergian Eril, sapaan Emmeril, yang dinyatakan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss akhir Mei lalu. Rakyat Palestina pun merasakan duka yang sama. Atas apa yang menimpa Eril, ribuan masyarakat Palestina menggelar salat ghaib dan berdoa bersama.

Disebutkan dalam sebuah unggahan Instagram @kasihpalestina, "... gelombang jama’ah Palestina memadati lantai satu Masjid Istiqlal Indonesia. Tua dan muda – tak mengenal usia, hadir pada momen penting ini."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kasih Palestina (@kasihpalestina)

 

Salat ghaib tersebut dilaksanakan pada Jumat (3/6) setelah salat Jumat. Usai salat, sang imam menyampaikan doa, "Semoga Allah SWT meneguhkan hati keluarga yang ditinggalkan, dan memberikan bagi mereka kesabaran. Semoga Allah SWT mengangkat derajat mereka."

Kemudian dilanjutkan kabar gembira menurut imam salat yang sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW.

"Orang yang mati karena tenggelam adalah orang yang mati syahid," ujar sang imam salat melafalkan hadits Nabi Muhammad.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kasih Palestina (@kasihpalestina)

 

Tak pelak unggahan momen ribuan masyarakat Palestina mendoakan Eril itu banjir komentar dari warga Indonesia. Mereka ikut terharu serta bertanya-tanya kebaikan apa yang dilakukan Eril semasa hidup hingga doa dari banyak orang mengiringi kepergiannya.

"Masya Allah, Tabarakallah.. amalan apa yg sering a Eril kerjakan sehingga seluruh dunia turut mendoakannya semoga kita semua mendapatkan Husnul khatimah," komentar akun megamar****_.

"MasyaaAllah Allah menunjukan almarhum adl org baik ," tulis akun jayan**_**.

"Betapa banyak orang yg mendoakan Eril, Ya Allah... kabulkan dan terimalah doa doa kami.......Aamiin," ujar akun zukhrufa_******.