Brilio.net - Pandemi virus corona (Covid-19) menghantam dan mengubah semua lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Selain harus memindahkan kegiatan belajar dan perkuliahan menjadi pola pembelajaran jarak jauh (online), kini para pelajar dan mahasiswa di tiap jenjang pendidikan juga harus rela tidak merayakan kelulusan seperti tahun-tahun sebelumnya. Padahal bagi banyak orang momen ini biasanya dimaknai dengan selebrasi sebagai pencapaian penting dalam hidup.

Fakta inilah yang membuat Narasi mengajak para lulusan 2020 merayakan momentum penting wisuda lewat #WisudaLDR2020 yang diselenggarakan Minggu (14/6) pukul 19.00-21.00 WIB. Acara ini digelar untuk menyebarkan optimisme dan menjadikan momen ini menjadi sejarah yang akan terus dikenang.

Jurnalis & Co-founder Narasi, Najwa Shihab, mengungkapkan bahwa inisiatif ini merupakan upaya untuk memaknai bersama berbagai pencapaian mereka yang lulus di tahun 2020 namun tidak bisa menggelar wisuda.

Wisuda Narasi © 2020 brilio.net

Menurut Nana, begitu Najwa Shihab biasa disapa, banyak cara dilakukan untuk merayakan kelulusan angkatan di tahun 2020. Ini salah satunya. Jelas beda dan tidak ideal, tapi ini pilihan untuk tetap bisa memberi makna pada tiap pencapaian khususnya di situasi adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini.

Loading...

“Kami ingin merayakan kegigihan dan perjuangan mereka yang lulus di tengah kondisi sulit. Kami ingin ikut bertepuk tangan walau hanya virtual. Ingin memeluk hangat walau sebatas emoticon media sosial. Ingin mengucapkan selamat walau sekadar lewat huruf kapital. Enggak peduli terbatas dalam banyak hal, penelitian sulit dilakukan, bimbingan hanya bisa dilakukan online, tekanan karena keadaan, sidang kelulusan juga online. Belum lagi sambil dipaksa adaptasi karena pandemi, tapi enggak patah semangat. Lulus dalam kondisi normal aja enggak mudah, lho. Ya, ini jauh dari ideal tapi niatan kami semata memberi semangat dan mengekspresikan kekaguman atas pencapaian kalian, karena sungguh, kami ikut bangga. Selamat #WisudaLDR2020 untuk seluruh siswa semua tingkatan mulai TK hingga universitas!” tutur Najwa.

Yang cukup menarik dalam acara ini Nana mengundang salah satu wisudawati Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Muliana Mursalim untuk ikutan acara wisuda virtual. Sebelumnya Nana menghubungi mahasiswi asal Mamuju, Sulawesi Barat ini lewat video call. Liana begitu Muliana kerap disapa, adalah lulusan paling berprestasi di Fakultas Hukum Unhas dengan predikat Cumlaude, 3.94.

Liana pun sangat bergembira bisa ikut wisuda virtual yang diinisiasi Narasi. Sebelumnya ia merasa kecewa karena wisuda yang seharusnya dilakukan Januari lalu harus tertunda selama hampir enam bulan.

"Perasaan sangat bahagia sekali, bersyukur kekecewaan kemarin yang wisudanya sempat tertunda enam bulan bisa diwisuda online dan disaksikan seluruh teman-teman yang ada di Indonesia saya sangat bangga,” ucap Liana.   

Sebelumnya kesedihan Liana bertambah karena niat sang ayah yang akan memberikan sambutan sebagai orangtua dari lulusan terbaik saat acara wisuda harus pupus. Namun dengan adanya wisuda virtual yang digagas Narasi, beragam kekecewaan itu pun lindap.   

Oh iya, bukan sekadar merayakan secara virtual, acara ini juga menghadirkan rangkaian talks dan entertainment. Tidak hanya melibatkan lulusan SMA dan universitas, acara wisuda #dirumahaja juga melibatkan figur publik untuk memberikan pesan-pesan kepada para lulusan angkatan 2020.

Sederet nama yang menjadi pengisi acara selain Najwa Shihab, ada juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Vincent dan Desta, Isyana Sarasvati, Agnez Mo, Erick Thohir, Wishnutama, Mbah Minto dan kelompok paduan suara Paragita Universitas Indonesia.

Ya, mereka yang bisa menyelesaikan studi tahun 2020 merupakan lulusan angkatan spesial yang juga bisa disebut sebagai angkatan LDR.

RECOMMENDED BY EDITOR