Brilio.net - Pembahasan ibu kota baru Republik Indonesia masih hangat jadi perbincangan publik. Selain pemindahan ibu kota Indonesia, Jawa Barat juga sedang mengkaji rencana perpindahan ibu kota provinsi dari Kota Bandung ke tempat lain. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, perpindahan pusat pemerintahannya itu akan dikaji tidak secara cepat.

Kajian itu sudah masuk dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029. Ada tiga kota yang menjadi calon Ibu Kota baru Jabar. Tiga kota ini dinilai cocok menjadi pengganti Bandung.

"Jadi di dalam Segi Tiga Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) sudah masukkan, penataan jalur transportasi sudah masuk," kata Gubernur Emil seusai menghadiri penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemprov Jabar dengan PT Astra Internasional di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Kamis dilansir dari Antara.

Berikut ulasan singkat mengenai 3 wilayah yang disebut jadi bakal calon ibu kota baru Jabar, seperti brilio.net rangkum dari merdeka.com pada senin (2/9).



1. Cirebon.


Kota Cirebon menjadi kandidat Ibu Kota baru Jawa Barat. Luas Kota Cirebon adalah 3.735,82 hektare atau sekitar 37 km2 dengan dominasi penggunaan lahan untuk perumahan 32 persen dan tanah pertanian 38 persen. Sebagian besar mata pencaharian warga di Cirebon ialah nelayan.

Kota Cirebon dapat ditempuh melalui jalan darat sejauh 130 km dari arah Kota Bandung dan 258 km dari arah Kota Jakarta. Cirebon juga terletak pada lokasi yang strategis dan menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selain itu, Cirebon dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Di kota ini, terdapat tempa-tempat wisata bagus juga di antaran antara laun, Telaga Niren, Situ Sedong, Taman Ade Irma Suryani Banyu Panas Palimanan dan ,lainnya.



2. Patimban.


Patimban juga menjadi kandidat Ibu Kota baru Jawa Barat. Patimban merupakan desa di kecamatan Pusakanagara, Subang, Jawa Barat.

Patimban adalah salah satu desa yang terletak di ujung utara Jawa Barat. Di sebelah selatan Kota Patimban berbatasan dengan Dusun Cemara sedangkan utara adalah laut lepas.

Patimban memiliki pariwisata bahari yaitu Pantai Kelapa Patimban. Pantai ini dikenal indah. Banyak wisatawan lokal datang ke pantai ini. Sementara itu, mayoritas mata pencaharian penduduk Patimban adalah petani dan nelayan.



3. Kertajati.


Kandidat ketiga Ibu Kota baru Jawa Barat ialah Kertajati. Kertajati salah satu kecamatan di Majalengka. Di Kertajati telah dibangun bandara seluas 121.000 meter persegi. Pembangunan ini menghabiskan dana sebesar Rp 2,6 triliun yang berasal dari APBN dan kerjasama swasta.

Bandara Kertajati pertama kali digagas oleh warga Jawa Barat, karena Bandara Husein Sastranegara di Bandung dinilai sudah terlalu padat menampung 37 juta penduduk.