Brilio.net - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan membuka rapat Dewan Energi nasional (DEN) yang dilaksanakan di Banyuwangi pada Kamis (21/2) hingga Jumat (22/2). Menariknya, Ignatius Jonan tak hanya rapat tapi juga menikmati berbagai wisata khas Banyuwangi.

Menteri kelahiran Surabaya itu mengunjungi Taman Gandrung Terakota di lereng Gunung Ijen hingga menikmati Kopi Osing di Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan Licin Banyuwangi.

Menteri ESDM_Banyuwangi © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

"Saya sengaja menaruh rapat DEN di Banyuwangi. Biasanya di Jakarta, tapi saya ingin suasana berbeda. Banyuwangi kan sekarang dikenal dengan pariwisatanya. Jadinya mereka bisa menikmati wisata di Banyuwangi," akunya seusai menikmati Kopi Osing.

Menurutnya, pariwisata Banyuwangi akan berkembang jika Pemkab Banyuwangi serius menggarapnya sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kerakyatan.

"Banyuwangi merupakan daerah yang memiliki keseriusan membangun daerah. Ini tak semua kepala daerah memilikinya. Saya senang melihat Banyuwangi serius mengembangkan pariwisatanya untuk mengembangkan perekonomian berbasis kerakyatan," ungkapnya.

Pada hari pertama kunjungannya, Ignatius Jonan berkunjung ke Jiwa Jawa Resort. Ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mereka lantas mengunjungi Taman Gandrung Terakota yang berhiaskan seribu patung gandrung di tengah lansekap persawahan yang hijau.

Dirinya sangat mengapresiasi galeri lukis seniman Banyuwangi yang terpajang di kompleks Taman Gandrung Terakota tersebut. Setelah itu, Menteri ESDM beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke sanggar Genjah Arum.

Di tempat ini, Ignatius Jonan menikmati kopi Osing racikan dari Iwan Subekti. Sebagai seorang peracik kopi internasional, Iwan sukses mengembangkan kopi yang dihasilkan Banyuwangi memiliki cita rasa dunia.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah Menteri ESDM untuk menempatkan rapat DEN di Banyuwangi. Hal tersebut turut membantu Banyuwangi dalam mengembangkan wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Banyuwangi.

Tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, Anas juga mengharapkan sektor ekonomi kerakyatan turut bergerak dari tumbuhnya wisata MICE tersebut.

Anas juga menambahkan bahwa wisata MICE merupakan salah satu target pemerintah Banyuwangi yang sedang dikembangkan. Dirinya mengaku bersyukur Kementerian ESDM melalui Dewan Energi Nasional menyelenggarakan acaranya di Banyuwangi.