Brilio.net - Sebuah pesawat tempur ditemukan di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, pada Senin (18/7) malam hari. Laporan pesawat yang diduga jatuh itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi M. Iqbal Alqudusy.

"Benar ada pesawat jatuh di Desa Nginggil. Selanjutnya dari TNI Angkatan Udara yang akan memberikan pernyataan," katanya, dikutip dari Merdeka.com, Selasa (19/7).

Setelah diselidiki rupanya puing yang ditemukan merupakan pesawat latih T-50i Golden Eagle TT 5009 Lanud Iswahjudi. Menurut informasi yang dihimpun dari Antara, pesawat tersebut sedang dalam misi latihan malam, sebelum akhirnya hilang kontak pada pukul 19.25 WIB.

pesawat tempur golden eagle jatuh © Tni.au.mil.id

foto: Tni.au.mil.id

Kepala penerangan Lanud Iswahjudi, Mayor Sus Yudha Pramono mengatakan, pesawat itu diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indra yang lepas landas sekitar sore hari.

"T50i Golden Eagle TT 5009, Lettu Pnb Allan Safitra Indra W, AAU 2015, Take off 18.24 WIB. Menjalankan misi Night Tactical Intercept," dikutip dari Merdeka.com, Selasa (19/7).

Mayor Sus Yudha menerima laporan pesawat tersebut sekitar pukul 20.39. Kini pihaknya masih melakukan olah TKP di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

pesawat tempur golden eagle jatuh © Tni.au.mil.id

foto: Tni.au.mil.id

TNI AU melakukan pengamanan di lokasi jatuhnya pesawat tempur T-501 Golden Eagle dari Skadron Udara 15 TNI AU, dengan memindahkan pesawat terbang itu.

"Untuk mengamankan dan evakuasi, malamini satu tim dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi langsung bergerak menuju lokasi," ujar Yudha.