Setidaknya ada 21 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Kilometer 91.400 ruas Bandung yang mengarah ke Jakarta. Kecelakaan itu terjadi pada Senin (2/9) sekitar pukul 13.00 WIB. Kecelakaan nahas itu melibatkan 21 kendaraan itu diduga berawal dari dump truk terguling.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan, dari jumlah mobil yang terlibat, empat di antaranya terbakar dengan rincian tiga mobil kecil dan satu truk. Untuk pengungkapan kecelakaan, ia sebut masih dalam penyelidikan.

"Empat kendaraan terbakar, tiga kendaraan kecil dan satu unit dump truk," kata Rudy saat meninjau lokasi kecelakaan di Kampung Batu datar, Desa Cibodas Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dilansir brilio.net dari merdeka.com pada Senin (2/9).

Proses evakuasi kecelakaan di Tol Cipularang masih terus dilakukan. Data terkini, korban meninggal dunia mencapai 9 orang. Enam di antaranya mengalami luka bakar.

"Jumlah korban meninggal dunia sembilan orang, luka berat delapan orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, dalam keterangannya, Senin.

Loading...

Dugaan sementara, kecelakaan dipicu mobil dump truk yang terguling di ruas tol. Sehingga kendaraan lain yang berada di jalur yang sama berhenti secara tiba-tiba hingga tabrakan beruntun tidak terelakan.

"Kecelakaan ini sedang kita selidiki khusus, namun di depan kita lihat ada dump truk terguling dan terguling karena apa. Sehingga kendaraan yang di belakang mengerem mendadak," ujar dia.

Atas kejadian tersebut lalu lintas di jalur Bandung mengarah ke Jakarta mengalami kemacetan sepanjang 5 kilometer. Polisi melakukan contraflow untuk meminimalisir kemacetan.

"Kemacetan sedang direkayasa. Saat ini kendaraan sudah dialihkan ke jalan di luar tol. Kita juga sedang melakukan contraflow," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR