Brilio.net - Jaringan Telkom Group seperti IndiHome dan Telkomsel sempat mengalami gangguan sejak Minggu (19/9) lalu. Kondisi ini mengakibatkan koneksi internet melambat di berbagai daerah. Situasi itu lantas ramai menjadi perbincangan di media sosial. Tak sedikit yang menyampaikan keluhan atas gangguan yang terjadi.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Selasa (21/9), diketahui ada gangguan teknis, terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Menanggapi hal itu, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan pihaknya bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

"Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal," ujarnya.

Kronologi gangguan IndieHome © pexels.com

foto: pexels.com

Dengan gangguan tersebut, Denny mewakili Telkomsel mengungkapkan permintaan maaf kepada pelanggan. Pihaknya juga menyampaikan tengah melakukan proses pemulihan secara berkala.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu memercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," pungkas Denny.

Pemulihan kini dikatakan sudah berangsur membaik. Melalui holding statement Telkom pada Selasa (21/9), Denny Abidin mengatakan, Telkomsel dan TelkomGroup mengupayakan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah terdampak gangguan. Sehingga sejumlah akses di beberapa wilayah dikatakan sudah mulai berangsur membaik.

"Saat ini sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal," tutur Denny.

Kronologi gangguan IndieHome © pexels.com

foto: pexels.com

Di sisi lain, Pujo Pramono, Vice President Corporate Communication Telkom mengatakan, sejak terjadinya gangguan, mereka segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.

Lebih lanjut, layanan TelkomGroup seperti Indihome dan Telkomsel mengalami masalah usai adanya gangguan di sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak.

"Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan, maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," kata Pujo dalam penjelasannya. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," jelas Pujo.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lin)