Brilio.net - Perkembangan teknologi ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi sangat bermanfaat membantu manusia, tapi di sisi lain ketika tidak bijak dan waspada menggunakannya bisa menjadi ancaman. Bukan rahasia lagi, semenjak teknologi digital berkembang cepat, di saat yang sama kejahatan siber juga merajalela. 

Alasan ini pula yang mendasari Telkomsel berkolaborasi dengan Lookout, Inc, perusahaan keamanan siber terkemuka untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.  

Melalui layanan Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS), Telkomsel menghadirkan dua solusi keamanan untuk memastikan pelanggan terhindar dari ancaman siber. Kedua solusi tersebut meliputi TEMS Mobile Endpoint Protection dan TEMS Mobile Apps Protection. 

Kedua layanan yang mulai tersedia hari ini merupakan solusi keamanan siber berbasis cloud terbaru Telkomsel. Kedua layanan ini memungkinkan perusahaan melindungi ponsel, tablet, hingga Chromebook karyawan sekaligus mengamankan aplikasi yang digunakan pelanggannya.

Telkomsel Siber © 2021 brilio.net

Solusi ini didukung Lookout Security Graph yang mampu menganalisis data lebih dari 200 juta perangkat, 142 juta aplikasi, dan 4 juta alamat web setiap hari. Dengan teknologi machine intelligence, Lookout mampu mengamankan pengguna dari ancaman berupa phishing serta ancaman lain pada perangkat, aplikasi, dan jaringan dengan tetap mengutamakan privasi. Platform berbasis cloud ini pun secara otomatis mendeteksi ancaman yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

“Kini, melalui kolaborasi dengan Lookout, kami meluncurkan Telkomsel Enterprise Mobile Security yang memberi keamanan maksimal bagi pelanggan Enterprise. Dengan sistem keamanan yang lebih terjamin, perusahaan bisa fokus meningkatkan produktivitas tanpa perlu mengkhawatirkan perlindungan terhadap aplikasi dan data,” ujar SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir.

Telkomsel Enterprise Mobile Security diharapkan dapat membantu para pelaku industri beradaptasi terhadap kondisi new-normal dengan menyesuaikan proses bisnis operasional melalui pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna.

Melalui kemitraan dengan Lookout, Telkomsel memastikan bahwa TEMS Mobile App Protection telah mengikuti peraturan perlindungan data nasional dan internasional serta menerapkan lapisan keamanan yang efisien untuk melindungi data perusahaan.

“Kejahatan siber meningkatkan serangan yang berfokus pada orang-orang pada bisnis, dan yang paling umum dari semuanya adalah serangan phishing. Kami bangga dapat bermitra dengan Telkomsel, penyedia solusi mobilitas dan bisnis terkemuka di Indonesia, untuk memberikan keamanan melalui solusi mobile endpoint security dengan perlindungan phishing dan konten untuk pelanggan enterprise di Indonesia,” ujar General Manager of Carrier Partnerships Lookout Firaz Azmeh.

Berikut penjelasan dua solusi Telkomsel Enterprise Mobile Security (TEMS) kolaborasi Telkomsel dan Lookout, Inc.

1. TEMS Mobile Endpoint Protection (MEP)

Telkomsel Siber © 2021 brilio.net

Lebih dari setengah perangkat yang digunakan karyawan untuk mengakses data organisasi menjalankan iOS, Android, dan Chrome OS. Hal Ini dapat menjadi masalah jika keamanan pada perangkat seluler diabaikan, sehingga menciptakan celah dalam sistem keamanan organisasi.

Seiring dengan implementasi bekerja secara remote, mereka mengharapkan privasinya tetap terjaga. Karena  itu, TEMS MEP hadir dengan sejumlah manfaat  seperti pengamanan perangkat iOS, Android, dan Chrome OS milik perusahaan dan karyawan. Lalu juga pengamanan berbasis cloud yang dapat diperluas secara mulus ke ratusan ribu titik endpoints.

Kemudian optimalisasi kinerja prosesor dan usia baterai pada perangkat dengan aplikasi yang ringan serta pengamanan privasi pengguna sesuai dengan persyaratan kepatuhan yang berlaku.

2. TEMS Mobile Apps Protection (MAP)

Telkomsel Siber © 2021 brilio.net

Aplikasi seluler telah menjadi media utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Seiring berlanjutnya tren ini, perusahaan perlu memastikan bahwa data dan privasi pelanggan terlindungi dari seluruh ancaman siber.

Karena itu TEMS MAP hadir dengan manfaat yang meliputi pengamanan dari ancaman terhadap aplikasi, perangkat, dan jaringan. Kemudian mudah diintegrasikan ke berbagai aplikasi dengan library SDK yang ringan dan tidak memengaruhi kinerja aplikasi.

Kedua solusi ini tersedia melalui Telkomsel myBusiness, unit usaha Telkomsel yang fokus dalam menghadirkan solusi mobilitas bagi pelaku UMKM, perusahaan, dan pemerintahan.