Brilio.net - Hanyutnya korban siswa SMPN 1 Turi saat kegiatan susur sungai Pramuka pada Jumat (21/2) meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Petugas SAR gabungan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari korban yang hilang sejak kemarin. Terbaru, dua korban masih dalam pencarian petugas dari total 249 siswa yang turut mengikuti kegiatan susur sungai tersebut. Korban meninggal 8 siswa.

Ada cerita menarik dan heroik saat proses pencarian korban. Kisah itu diceritakan Palakhar Komandan Batalyon A Brimob DIY, Iptu Zidni Husnurofik. Berawal dari laporan warga, Zidni melihat ada sepatu mengambang di sungai. Sepatu itu tentu menaruh curiga dan rasa penasaran kenapa bisa ada di sungai.

"Sebelumnya saya tanya ke masyarakat. Ternyata air di bawah jembatan tempat sepatu itu hanya sebatas lutut. Ternyata benar itu mayat perempuan," ujar Zidni saat dihubungi brilio.net, Sabtu (22/2).

Menurut Zidni, akses menuju lokasi mayat sangat sulit karena lokasinya dekat dengan semak belukar. Kondisi aliran sungai juga bertambah deras dan minim pencahayaan yang akhirnya cukup menyulitkan petugas.

"Kami hanya membawa alat penerangan dan tali saja. Akhirnya kami meminta kantong mayat dan tandu dari ambulans dari masyarakat sekitar," tambahnya.

Loading...

Selain itu tim yang dipimpin Zindi juga menemukan dua tongkat pramuka dan tiga topi pramuka.

"Indikasinya milik siswa yang ikut kegiatan susur sungai," jawabnya.

Jumat malam sekitar pukul 21.30 WIB,  Zidni memutuskan untuk menunda kegiatan susur sungai karena aliran sungai makin deras dan bebatuan yang licin. Tapi berselang beberapa waktu lagi, proses evakuasi kembali dilaksanakan pukul 22.30 WIB.

"Warga membantu logistik seperti air minum dan makanan ringan. Sarana toilet juga disediakan oleh masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, data terkini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/2) siang, mencatat jumlah korban yang tewas akibat hanyut di Sungai Sempor, Sleman bertambah 8 orang. Berikut data lengkapnya:

Total siswa SMPN 1 Turi yang mengikuti Susur Sungai Pramuka: 249 orang

Korban ditemukan selamat: 216 orang

Korban luka: 23 orang

Korban meninggal dunia: 8 orang

Belum terkonfirmasi: 2 orang

RECOMMENDED BY EDITOR