Brilio.net - Kabar duka menyelimuti keluarga besar Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang. Pengasuh pesantren, KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen dikabarkan meninggal dunia di Mekah pada Selasa (6/8).

Dilansir dari Liputan6, meninggal dunia sekitar pukul 04.17 waktu setempat.

"Iya betul, kami dapat info duka yang mendampingi beliau selama di Mekah. Kami sangat kehilangan beliau. Dua hari lalu saya masih sempat sowan beliau dan masih sehat walafiat," kata Ahmad Baidowi, Wakil Sekjen DPP PPP, kepada Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (6/8).

Baidowi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menuju ke rumah sakit di mana Mbah Moen menghembuskan napas terakhirnya.

Beberapa tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU) turut menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Mbah Moen. Salah satunya adalah Gus Miftah yang mengunggah rasa kehilangannya atas kepergian Mbah Moen di Instagram.

"Ya Allah....... Mbah moen
Dua hari sebelum lebaran beliau video call, lebaran beliau kasih saya hadiah surban, sandal dan parfum yg sering beliau pakai.
Seminggu sebelum berangkat haji gagal bertemu beliau,
Pagi ini dikota suci Mekah beliau kembali kepada Allah..... ya Allah Mohon doa untuk beliau semoga khusnul khotimah," tulis Gus Miftah dalam akun Instagramnya, Selasa (6/8).