Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Serius
Lola Lolita (brl/pep)

15 Juni 2019 21:54

Kepergok pelesiran, Setya Novanto dipindah ke rutan khusus teroris

Setya Novanto kepergok berkeliaran di sebuah toko bangunan di Padalarang..

Kepergok pelesiran, Setya Novanto dipindah ke rutan khusus teroris

View Image



Setya Novanto (kanan) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (27/8). Foto: Merdeka.com/Dwi Narwoko

Brilio.net - Setya Novanto tiba di Rutan Gunung Sindur tengah malam sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, Sabtu (15/6/2019), setelah dipindah dari Lapas Sukamiskin Bandung lantaran kepergok pelesiran.

Narapidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) dipindahkan dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Rutan Gunung Sindur pada Sabtu (15/6) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Pemindahan ini dilakukan setelah Setnov kepergok pelesiran.

Setnov langsung ditempatkan di rutan narapidana teroris yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut. "Yang rutan itu khusus teroris. Kalau yang Lapas kan umum, ada terorisnya, ada narkobanya, ada tipikornya," ujar Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana dikutip Antara di Bogor, Sabtu (15/6).

Menurutnya, rutan khusus narapidana teroris ini sebagian kecilnya tetap dihuni oleh narapidana kasus lain. Jika dihitung, dari ratusan narapidana teroris, hanya sekitar 20 narapidana dengan kasus selain terorisme. "Pidana narkotika ada juga di situ, yang berat-berat ada juga di situ. Lebih dominannya teroris, kalau yang umum ga begitu banyak kurang lebih sekitar 20," kata Sopiana.

Meski begitu, masing-masing narapidana di Rutan Gunung Sindur ini menurut Sopiana memiliki sel sendiri. Sehingga, Setya Novanto tetap berbeda sel dengan para narapidana teroris di Rutan Gunung Sindur. "Kalau untuk kamarnya berbeda, karena kan di sana one man one cell," kata Sopiana.

Loading...

Sebelumnya, Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat memindahkan Novanto karena kepergok berkeliaran di sebuah toko bangunan yang berada di Padalarang.

"Tindakan saya sebagai Kakanwil, malam ini juga Setnov akan saya pindah ke Lapas Gunung Sindur, setelah konferensi pers ini," kata Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak di Lapas Sukamiskin Kota Bandung, Jumat malam 14 Juni 2019.

Atas perbuatannya, kata Liberti, Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur yang memiliki pengamanan yang super ketat. Selanjutnya ia mengatakan akan melaporkan kejadian tersebut kepada Menteri Hukum dan HAM. "Menurut hemat saya, ini perlu dilakukan untuk sementara sebelum saya bisa melaporkan ke Menteri, saya lakukan tindakan ini dulu," kata dia.

Meski demikian, pemindahan Setnov ke Rutan Gunung Sindur ini hanya untuk sementara waktu. "Penempatan ini hanya sementara dan pemeriksaan kepada petugas Setnov dan petugas masih akan dilakukan," ujar Humas Ditjen PAS KemenkumHAM Ade Kusmanto kepada merdeka.com melalui pesan singkat, Sabtu (15/6).

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kasus Korupsi e-KTP Setya Novanto Koruptor Indonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE