Brilio.net - Kabar duka atas meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho menyita perhatian publik. Sosoknya yang ramah dan dikenal aktif menginformasikan soal kebencanaan selalu jadi rujukan banyak orang. Sutopo meninggal dunia pada Minggu (7/7) di rumah sakit kanker terbaik di Asia, RS Modern Guangzhou, Tiongkok.

Kepergian Sutopo membuat masyarakat Indonesia kehilangan sosok teladan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. Ia menyatakan Sutopo Purwo Nugroho merupakan contoh nyata pengabdian kepada negara.

"Ini jadi pelajaran bagi kita untuk bisa mencontoh dan mengikuti kemauan keras beliau dalam mengabdi kepada negara," katanya pada pelepasan jenazah Sutopo di Boyolali dikutip brilio.net dari Antara, Senin (8/7).

Dalam keadaan sakit, sosok Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB tersebut, tetap memberikan informasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

"Beliau telah bisa menyampaikan pesan tentang kebencanaan. Mengumpulkan berita dari berbagai daerah dan masyarakat lantas menyusunnya jadi laporan yang mudah dimengerti," katanya.

Loading...

Selain itu, Doni Monardo menyebut Sutopo juga mampu memberikan analisa peristiwa yang terjadi, saran, dan masukan tentang apa yang perlu dilakukan saat situasi darurat.

"Pak Topo juga memiliki semangat untuk menyatukan berbagai pihak yang terlibat dalam proses kebencanaan," jelasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR