Brilio.net - Berpulangnya KH Hasyim Muzadi mengejutkan banyak pihak. Termasuk Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa. Ia mengatakan, bukan hanya dirinya yang kehilangan sosok KH Hasyim Muzadi, tapi seluruh kader NU dan kader bangsa.

Khofifah kembali mengenang sosok sang kyai yang tidak pernah lelah mengingatkan kader NU dan para santrinya untuk menjadikan Islam sebagai jalan hidup berbangsa dan bermasyarakat.

"Tiga bulan sekali beliau undang kyai muda dan para kader NU di pondok ini. Beliau selalu menyampaikan jadikan Islam sebagai rahmatan lilalamin," ujarnya saat ditemui wartawan di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Kamis (16/3).

Khofifah mengaku sempat diberikan pesan oleh KH Hasyim Muzadi sebelum berpulang. Hasyim selalu mengingatkan bagaimana menjadikan Islam sebagai penyejuk dan penyemangat kasih sayang antara sesama. Dan bagaimana menyelaraskan antara agama dengan negara.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Itu dua pesan beliau ketika bertemu saya. Dan beliau tidak henti-hentinya selalu mengingatkan hal tersebut, "tutur Khofifah.

Kehilangan mendalam atas meninggalnya Hasyim Muzadi juga dirasakan oleh politikus Golkar Nusron Wahid. 

"Sebelum sakit kronis saya sudah jenguk," ujarnya. Nusron mengatakan, mengenal begitu dekat dengan sosok Hasyim Muzadi. Bahkan dirinya sering bertukar pikiran dan berdiskusi.

"Saya banyak berdiskusi, banyak belajar dan banyak bersinergi dengan beliau. Saya pernah empat kali berbeda pendapat dengan beliau. Nah beliau tidak menutup ruang komunikasi dan silaturahmi bersama beliau," tuturnya.

(brl/swh)

RECOMMENDED BY EDITOR