Brilio.net - Sudah sepekan pencarian Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5). Ridwan Kamil beserta istri, Atalia Praratya dan keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Eril. 

Pihak keluarga pun telah berkonsultasi dengan para ulama mengenai pencarian Eril yang dianggap telah berpulang ke Rahmatullah. Meskipun saat ini jasadnya belum ditemukan, Eril dinyatakan syahid akhirat.

"Pihak keluarga mendiskusikan dengan para ulama, sehingga dinyatakan sebagai Syahid Akhirat. Ini kami sampaikan keluarga, baik Pak Ridwan Kamil beserta istri sudah hampir 7 hari turut memantau sangat ikhlas," tutur wakil keluarga, Elpi Nazmuzzaman dilansir brilio.net pada Jumat (3/6).

Namun demikian, proses pencarian Eril masih terus dilakukan hingga kini. Pihak keluarga pun berharap dapat menemukan Eril dalam kondisi apapun nantinya.

kondisi eril dinyatakan syahid akhirat © instagram

foto: Instagram/@ataliapr

"Status ini tidak mengubah harapan keluarga untuk melakukan pencarian, dengan siuasi dan harapan kami bisa bertemu dengan saudara, keponakan kami, dalam keadaan apapun, Allah meridhoi pertemuannya dan meridhoi kepadanya," jelasnya.

Sementara untuk proses pencarian, otoritas Bern terus berupaya secara intensif. Selain menggunakan jalur darat dan udara, pihak otoritas akan menerjunkan anjing pelacak untuk pencarian Eril.

"Untuk situasi pencarian, kepolisian saat ini sudah bersiap menerjunkan anjing pelacak yang memiliki kemampuan khusus untuk menjejak aroma di permukaan. Di mana ini ada keahliannya khusus," tambahnya.