Brilio.net - Di tengah gempuran game online, The Pokemon Company asal Jepang baru-baru ini justru menawarkan “genre” permainan yang berbeda. Bekerjasama dengan Salim Group melalui PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG), The Pokemon Company meluncurkan Pokemon Trading Card Game (TCG) ke Indonesia.

Menariknya kartu game Pokemon ini dihadirkan dalam versi lokal, berbahasa Indonesia lho. Meski begitu, kartu ini tetap bisa digunakan secara internasional. Salah satu permainan kartu paling populer di dunia ini diluncurkan di Indonesia untuk menyasar para pemain dari umur 6 sampai 35 tahun.

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim (kiri) dan Kenjiro Ito, salah satu anggota Dewan Direksi The Pokémon Company saat peluncuran Pokemon TCG di Mal Kota Kasablanka, baru-baru ini. 

“Permainan ini melatih para pemain berpikir strategis karena memerlukan taktik dan keahlian untuk dapat memainkan kartunya secara offline. Selain itu, kartu ini unik karena walaupun menggunakan Bahasa Indonesia, tapi dapat berlaku secara internasional,” ujar Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim, saat peluncuran Pokemon TCG di Mal Kota Kasablanka, baru-baru ini.   

Oh iya, sebagai informasi. Permainan Pokemon diciptakan pertama kali Februari 1996 sebagai video konsol Nintendo Game Boy. Lewat permainan ini para pemain memiliki pengalaman dari berbagai elemen seperti koleksi kartu, menangkap dan memelihara Pokemon.

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net

Bahkan para pemain juga bisa bertemu untuk saling tukar kartu. Pada Oktober 1996, permainan Pokemon TCG diresmikan sebagai permainan kartu tukar yang pertama dan paling tua di Jepang.

“Karena ini permainan kartu offline, kami berharap Pokemon TCG dapat diterima masyarakat Indonesia seperti yang sudah terjadi di berbagai belahan dunia lain selama 23 tahun terakhir sejak adanya permainan ini,” ujar Kenjiro Ito, salah satu anggota Dewan Direksi The Pokemon Company.  

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net

Untuk yang pertama kali bermain Pokemon TCG memang agak membingungkan. Karena setiap kartu memiliki efek masing-masing. Namun para pemain dapat menikmati permainan dalam menyusun kartu-kartu pilihan mereka. Kemudian kartu-kartu tersebut digunakan dalam pertempuran strategis melawan pihak lawan.

Bagian yang menyenangkan dalam permainan kartu ini adalah ketika para pemain berhadapan secara langsung. Mereka juga harus saling bersalaman di awal maupun di akhir permainan.

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net

Pokemon TCG meraih antusiasme yang besar di banyak negara sehingga pada Maret 2019, permainan kartu ini telah berhasil menjual lebih dari 27,2 miliar kartu di seluruh dunia.

Nah kartu fisik Pokemon TCG tersedia di berbagai toko Indomaret yang tersebar di seluruh area Jabodetabek dan juga di toko-toko game resmi. Menyesuaikan dengan target pasarnya, harga Pokemon TCG berkisar dari Rp20 ribu untuk Booster Pack hingga Rp80 ribu untuk Starter Deck.

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net

Selain peluncuran kartu Pokemon TCG, The Pokemon Company setiap tahun juga menggelar kompetisi berskala internasional, Pokemon World Championships. Para pemain terbaik dari seluruh dunia akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar Juara Dunia Pokemon TCG.

Nah bagi para pemain Indonesia, akan diadakan kompetisi berskala nasional terlebih dahulu (Pokemon Indonesia Championships) dan para pemain yang memenangkan kompetisi dalam turnamen skala ini akan diundang untuk mengikuti ajang kejuaraan 2020 Pokemon World Championships.

Kartu Pokemon © 2019 brilio.net

Sayangnya, tahun ini belum ada pemain dari Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang Pokemon World Championships ini. Tapi bukan tidak mungkin, tahun depan para pemain Indonesia bisa unjuk kebolehan di ajang Pokemon kelas dunia.